SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA DITINJAU DARI MOTIF MEMILIH JURUSAN

Rohmatin, Yulfiana and Latipah, Eva (2015) SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA DITINJAU DARI MOTIF MEMILIH JURUSAN. Pendidikan Agama Islam, 12 (1). pp. 95-107. ISSN 2502-2075

[img]
Preview
Image
cover depan.png - Cover Image

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA DITINJAU DARI MOTIF MEMILIH JURUSAN)
Yulfiana Rohmatin - SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA DITINJAU DARI MOTIF MEMILIH JURUSAN.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Image
cover blkg.png - Cover Image

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan self regulated learning mahasiswa sekaligus menguji hubungan antara self regulated learning tersebut dengan motivasi mahasiswa dalam memilih jurusan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga baik laki-laki maupun perempuan sebanyak 100 orang. Wawancara dan skala self regulated learning digunakan sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, self regulated learning mahasiswa secara keseluruhan berada dalam kategori sedang (62%) dengan aspek tertinggi berada dalam aspek motivasi diri (nilai rerata 20, 43). Kedua, ada hubungan positif yang signifikan antara self regulated learning dengan motivasi dalam memilih jurusan (r = 0,876 dan p = 0, 004).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: self regulated learning, motivasi, jurusan pendidikan bahasa arab.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Jurnal > 22. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Sep 2018 15:51
Last Modified: 25 Sep 2018 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30612

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum