PROBLEMATIKA KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-FALAH MARGASARI KABUPATEN TEGAL

ANAS ARROSYID, NIM. 10411020 (2018) PROBLEMATIKA KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-FALAH MARGASARI KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-FALAH MARGASARI KABUPATEN TEGAL)
10411020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-FALAH MARGASARI KABUPATEN TEGAL)
10411020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dizaman sekarang ini menghafal Al-Qur‟an sangatlah perlu karena dengan menghafal Al-Qur‟an, keutuhan Al-Qur‟an akan selalu terjaga dalam dada setiap muslim. Namun untuk sebagian orang menghafal bukanlah sesuatu yang mudah, melainkan memerlukan pengorbaanan tersendiri. Adapun waktu yang paling tepat untuk menghafal Al-Qur‟an adalah ketika masa anak-anak. salah satu sekolah formal yang memberikan kegiatan menghafal Al-Qur‟an di SD Islam Al-Falah Margasari. Kegiatan menghafal Al-Qur‟an merupakan program wajib di SD Islam Al-Falah yang harus diikuti oleh siswa kelas 3,4,5, dan 6. Al-Qur‟an di SD Islam Al-Falah merupakan Sekolah Dasar yang pertama kali mengadakan kegiatan menghafal Al-Qur‟an. Yang menjadikan permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kegiatan menghafal Al-Qur‟an di SD Islam Al-Falah Margasari kabupaten Tegal, Apa saja problematika yang didapati dalam kegiatan menghafal Al-Qur‟an di SD Islam Al-Falah Margasari , Bagaimana cara mengatasi problematika yang didapati dalam kegiatan menghafal Al-Qur‟an di SD Islam Al-Falah Margasari. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis problematik menghafal Al-Qur‟an di SD Islam Al-Falah Margasari kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SD Islam Al-Falah Margasari kabupaten Tegal. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kegiatan menghafal Al-Qur‟an di SD Islam Al-Falah dimulai sejak siswa masuk kelas 3. Adapun bai siswa yang baru kelas 1 dan 2 mereka disuruh mengikuti TPA. Di TPA sendiri dibagi menjadi 2 tahapan, tahapan pertama supaya siswa belajar membaca Al-Qur‟an menggunakan „iqro dan ketika sudah selesai maka dilanjut untuk masuk ke Al-Qur‟an. (2) Problematika menghafal Al-Qur‟an di SD Islam Al-Falah margasari diantaranya belum lancar membaca Al-Qur‟an, tidak disiplin ketika menghafal di rumah, siswa sering bingung ketika menemukan ayat yang mirip, siswa mudah hafal dan mudah lupa, tidak bisa menghafal di tempat yang ramai, kurangnya motivasi dari orang sekitar, siswa sering mengganti Al-Qur‟an, siswa sering datang terlamabat. (3) cara untuk mengatasi problematika menghafal Al-Qur‟ansiswa harus menyelesaikan TPA terlebih dahulu, perlunya kerjasama dengan orang tua sebagai pengawas ketika di rumah, ketika menghafal bersama kelompoknya masing-masing, ketika membacakan hafalan menggunakan nada, siswa menguatkan hafalan ketika di rumah, pihak sekolah selalu megingatkan orang tua agar selalu mengingatkan anaknya agar selalu menghafal, tidak mengganti Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawar Khalil, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Problematika,Menghafal Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Nov 2018 13:46
Last Modified: 13 Nov 2018 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum