METODE PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

KASNO, NIM.14416015 (2018) METODE PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
14416015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
14416015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembinaan akhlak merupakan tumpuan perhatian pertama dalam Islam. Hal ini dapat dilihat dari salah satu misi kerasulan Nabi Muhammad SAW yang utama adalah untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. Perhatian Islam yang demikian terhadap pembinaan akhlak ini dapat pula dilihat dari perhatian Islam terhadap pembinaan jiwa yang harus didahulukan daripada pembinaan fisik, dari jiwa yang baik inilah akan lahir perbuatan-perbuatan yang baik yang pada tahap selanjutnya akan mempermudah menghasilkan kebaikan dan kebahagiaan pada seluruh kehidupan manusia, lahir dan batin. Metode guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa ini, sangatlah sejalan dengan apa yang dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat An-Nahl ayat 125 yang artinya, “Ajaklah mereka kejalan Tuhanmu dengan penuh hikmah (dengan bijaksana) dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik pula”. Makna ayat di atas sangat erat kaitannya dengan metode pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa, dimana guru sebagai pendidik memberikan pelajaran kepada siswa dengan berbagai metode yang bijaksana serta keteladanan budi pekerti yang luhur. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana metode dan hasil dari pembinaan akhlak siswa di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan metode dan hasil pembinaan akhlak siswa di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, (observasi) wawancara mendalam, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis dengan konsep analisa data mengalir, yakni konsep analisa yang terdiri atas langkah-langkah reduksi, penyajian data, verifikasi dan pengambilan kesimpulan. Selain itu, pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber ganda dan triangulasi metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode Guru PAI dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah: a) melalui metode contoh teladan, b) membiasakan yang baik, c) metode nasihat, d) memberi perhatian khusus, e) memberi hukuman, dan f) metode cerita. (2) Hasil dari metode pembinaan akhlak siswa tersebut adalah a) Meningkatkan siswa terbiasa mengucap salam dan bersalaman setiap bertemu guru, b) Meningkatkan siswa mentaati perintah guru dan tata tertib sekolah, c) Meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mengikuti program kegiatan-kegiatan keagamaan, baik di sekolah maupun di masyarakat, d) Meningkatkan pembiasaan sikap menghargai orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Nov 2018 13:47
Last Modified: 13 Nov 2018 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30637

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum