IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS-SOSIAL DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL DI SMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA SKRIPSI

ANNISA MAYASARI, NIM. 14410200 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS-SOSIAL DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL DI SMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS-SOSIAL DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL DI SMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA SKRIPSI)
14410200_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS-SOSIAL DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL DI SMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA SKRIPSI)
14410200_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan karakter sebagai salah satu bentuk pembaharuan pendidikan di Indonesia perlu diterapkan secara optimal untuk menghindari dekadensi moral generasi bangsa dan sekaligus mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Implementasi pendidikan karakter tersebut salah satunya dapat dilakukan melalui sistem pendidikan boarding school sehingga dapat membantu peserta didik mengaktualisasikan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pendekatan dalam implementasi pendidikan karakter, bagaimana aktualisasi nilainilai religius-sosial serta apa saja faktor yang mendukung dan menghambat impelementasi dan aktualisasi nilai karakter dalam sistem boarding school. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang implementasi pendidikan karakter dan aktualisasi nilai-nilai religius-sosial dalam sistem boarding school serta kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA-IT Abu Bakar Yogyakarta yang menerapkan sistem boarding school. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam, pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan data dan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, kemudian dari makna tersebut dibuat kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi melalui pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi pendidikan karakter dalam sistem boarding school di SMA-IT Abu Bakar Yogyakarta dilakukan melalui tiga pendekatan yaitu pendekatan individual, pendekatan kultural dan pendekatan eksternal. (2) Aktualisasi nilai-nilai religius-sosial dalam sistem boarding school di SMA-IT Abu Bakar Yogyakarta sudah terbentuk oleh warga asrama karena adanya kesadaran untuk taat beribadah dan melakukan kebaikan sebagai bentuk dari nilai religius dan kesadaran akan rasa saling memahami, toleransi, dan peduli kepada orang lain sebagai bentuk dari nilai sosial. (3) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter dan aktualisasi nilai-nilai religius-sosial dalam sistem boarding school antara lain pengetahuan pribadi dan perasaan sosial, adanya kekompakaan antara sekolah dan asrama, latar belakang peserta didik, pola asuh, lingkungan dekat dengan warga, kartu Mutabaah Yaumiyah, larangan membawa HP, pelaksanaan iqab dan pemberian penghargaan, serta adanya dukungan dari orang tua peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain perbedaan desain program sekolah, keberagaman peserta didik, lingkungan yang cukup kompleks, kegiatan musyrif/musyrifah di luar asrama, dan adanya kemajuan teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Aktualisasi, Religius-Sosial, Boarding School
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Nov 2018 13:48
Last Modified: 13 Nov 2018 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30641

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum