PENINGKATKAN KEISLAMAN SISWA YANG TERGABUNG DALAM CORPS MUBALIGH MAN 2 YOGYAKARTA YANG MELAKSANAKAN KEGIATAN DI MASYARAKAT DESA GAMPLONG I SUMBERRAHAYU MOYUDAN SLEMAN

Muhamad Saikhul Anwar, NIM.12410224 (2018) PENINGKATKAN KEISLAMAN SISWA YANG TERGABUNG DALAM CORPS MUBALIGH MAN 2 YOGYAKARTA YANG MELAKSANAKAN KEGIATAN DI MASYARAKAT DESA GAMPLONG I SUMBERRAHAYU MOYUDAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATKAN KEISLAMAN SISWA YANG TERGABUNG DALAM CORPS MUBALIGH MAN 2 YOGYAKARTA YANG MELAKSANAKAN KEGIATAN DI MASYARAKAT DESA GAMPLONG I SUMBERRAHAYU MOYUDAN SLEMAN)
12410224_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATKAN KEISLAMAN SISWA YANG TERGABUNG DALAM CORPS MUBALIGH MAN 2 YOGYAKARTA YANG MELAKSANAKAN KEGIATAN DI MASYARAKAT DESA GAMPLONG I SUMBERRAHAYU MOYUDAN SLEMAN)
12410224_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan Corps Mubaligh baik di MAN 2 Yogyakarta maupun di Masyarakat, sekaligus mendeskripsikan peningkatkan keislaman siswa yang tergabung dalam Corps Mubaligh MAN 2 Yogyakarta yang melaksanakan kegiatan di masyarakat. Latar belakang dalam penelitian ini adalah minimnya praktek nilai-nilai keislaman siswa manakala sudah dihadapkan dengan kondisi masyarakat secara langsung. Hal ini menyebabkan para siswa tidak bisa maksimal dalam menerapkan pelajaran keagamaan yang telah diperoleh di sekolah untuk dipraktekkan di masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Kegiatan Corps Mubaligh dan Bagaimana Peningkatan Keislaman Siswa anggota Corps Mubaligh yang Melaksanakan Kegiatan di Masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sumber data adalah siswa MAN 2 Yogyakarta yang mengikuti Ekstrakurikuler Corps Mubaligh dan warga masyarakat Desa Gamplong Satu. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara tak terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data yang disusun secara sistematis kemudian display data yang berupa uraian deskriptif yang panjang agar mempermudah dalam pengorganisasian dan terakhir dilakukan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan Kegiatan CM di masyarakat dengan mengadakan Mubaligh Hijrah dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan perencanaan. 2) Kegiatan Mubaligh Hijrah yang dilaksanakan di desa Gamplong I memiliki dampak positif dalam meningkatkan keislaman siswa anggota CM MAN 2 Yogyakarta. Aspek ibadah, kegiatan ini memiliki peran dalam meningkatkan dan menumbuhkan semangat beribadah siswa. Aspek Sosial, kegiatan ini berperan dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya hidup bermasyarakat, dan berinteraksi dengan masyarakat. Aspek keilmuan, kegiatan ini memiliki peran dalam meningkatkan keilmuan siswa melalui banyaknya kegiatan yang membutuhkan perencanaan dan persiapan. Aspek Akhlak, kegiatan ini memiliki peran dalam meningkatkan akhlak siswa saat beriteraksi, Yang dalam interaksi tersebut membutuhkan adab dan akhlak yang baik disesuaikan dengan masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Radino, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Corps Mubaligh, Keislaman Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Nov 2018 14:41
Last Modified: 14 Nov 2018 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30648

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum