PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ISTIMA’ UNTUK MAHASISWA PRAKTIKUM BAHASA ARAB I INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA

Mar’atul Azizah Zahro, NIM.1520410066 (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ISTIMA’ UNTUK MAHASISWA PRAKTIKUM BAHASA ARAB I INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ISTIMA’ UNTUK MAHASISWA PRAKTIKUM BAHASA ARAB I INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA)
1520410066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ISTIMA’ UNTUK MAHASISWA PRAKTIKUM BAHASA ARAB I INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA)
1520410066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kehadiran multimedia dalam suatu pembelajaran istima’ sangat krusial. Hal ini disebabkan karena pembelajaran istima’ adalah tentang mengenali suara, memahami, menganalisis, menginterpretasi, mempraktikkan, mengkritik dan mengevaluasi materi yang didengarkan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum iadanya multmedia pembelajaran istima’ dalam kegiatan praktikum bahasa Arab I IAIN Surakarta tahun 2017, pembelajaran hanya mengacu pada buku Al Mahir tanpa dilengkapi media. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu multimedia pembelajaran Istima’ yang dapat digunakan dalam pembelajaran istima’ pada kegiatan praktikum bahasa ArabI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan dan pengembangan multimedia pembelajaran istima’ untuk mahasiswa praktikum bahasa Arab 1 IAIN Surakarta tahun 2017. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui hasil validasi produk ahli media dan ahli materi. Sedangkan tujuan ketiga untuk mengetahui respon dosen serta mahasiswa mengenai produk yang dihasilkan oleh penulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach & Development/R&D) dengan tahapan yang terdiri dari: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Proses validasi dilakukan dua ahli desain dan ahli materi. Subjek penelitian adalah mahasiswa praktikum bahasa Arab I tahun 2017. Data diperoleh dari angket untuk ahli desain dan materi serta respon dari para dosen dan mahasiswa terhadap produk bahan ajar yang dikembangkan pada aspek desain dan materi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) Proses pengembangan multimedia pembelajaran istima’ dengan menggunakan model ADDIE, langkah-langkahnya yaitu: (a) analisis masalah, (b) desain produk, (c) pengembangan produk, (d) implementasi atau penerapan produk, (e) evaluasi akhir produk. (2) Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media dan ahli materi. (a) Hasil validasi dari ahli media yang meliputi validitas aspek pemrograman menghasilkan skor dengan persentase 90% dengan kategori “ sangat baik“. (b)Sedangkan penilaian ahli materi satu untuk aspek materi dan aspek evaluasi menghasilkan skor 91% dengan persentase “sangat baik”. (c) Dan penilaian ahli materi dua mengenai aspek materi dan evaluasi dengan p persentase persentase 80% dikategotrikan “sangat baik”. (3) Hasil penelitian mengenai respon multimedia pembelajaran istima’ ditunjukkan dari respon positif yang diperoleh dosen praktikum bahasa Arab dan mahasiswa sebagai pengguna produk. Setelah dilakukan revisi bahan ajar. (a) Nilai pada tahap respon pada dosen pertama praktikum bahasa Arab dengan persentase 86,4% dikategorikan “sangat baik”. (b) Nilai respon pada dosen kedua praktikum bahasa Arab persentasenya 88,9% dengan kategori ”sangat baik”. (c) Dan untuk nilai uji pada mahasiswa dengan persentase keseluruhan 80,3% dapat dikategorikan “baik”. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa multimedia istima’ layak digunakan untuk memudahkan dosen dalam menyampaikan materi yang diajarkan, sehingga mahasiswa mampu menguasai materi dengan optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Pembelajaran Istima’, Praktikum Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Nov 2018 18:11
Last Modified: 14 Nov 2018 18:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30652

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum