EFEKTIVITAS PROGRAM PESANTREN TAHFIDZ DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Annisa Rhamadani Putri, NIM.13410033 (2018) EFEKTIVITAS PROGRAM PESANTREN TAHFIDZ DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PROGRAM PESANTREN TAHFIDZ DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
13410033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PROGRAM PESANTREN TAHFIDZ DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
13410033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini ialah kegiatan yang berkaitan dengan upaya pemeliharaan Al-Qur’an masih berlangsung terus menerus tanpa henti. Ummat Islam yang menghafal Al-Qur’an semakin lama semakin meningkat meskipun mengalami tantangan hidup yang semakin kompleks. Di Indonesia sendiri mulai banyak didirikan lembaga Al-Qur’an dari yang formal maupun non formal. Salah satunya lembaga pendidikan formal yang memiliki program khusus menghafal Al-Qur’an adalah SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.Dalam rangka mewujudkan salah satu misinya yaitu menyelenggarakan program pembinaan pribadi qur’ani secara intensif, SMP IT Abu Bakar Yogyakarta mengadakan program Pesantren Tahfidz (PETA) sebagai sarana bagi para siswa untuk mengoptimalkan kemampuan dalam menghafalkan ayat-ayat Alqur’an dengan cepat. Sehingga siswa memiliki motivasi dan terpacu untuk menghafalkan Alqur’an. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan program pesantren tahfidz, dan bagaimana efektivitas program pesantren tahfidz tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program pesantren tahfidz dan efektivitas dari program pesantren tahfidz di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan mengambil latar di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dengan mengumpulkan seluruh data untuk ditelaah, mereduksi data, menyajikan data kemudian ditarik kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yakni triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data didukung dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian: (1) pelaksanaan program pesantren tahfidz di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dilaksanakan 4 kali dalam seminggu mulai pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.30. Dalam program ini menerapkan metode klasikal pada masing-masing kelompok ketika pembukaan untuk membaca doa, asmaul husna, sholawat dan muroja’ah juz 29. Kemudian metode privat (sorogan) untuk proses setoran hafalan kepada guru pembimbing. (2) Secara keseluruhan, pelaksanaan program pesantren tahfidz dinilai sudah cukup efektif baik dari segi evaluasi context, input, process, maupun product, yaitu dengan skor 133 dari skor maksimal 200.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Program Pesantren Tahfidz
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Nov 2018 10:21
Last Modified: 19 Nov 2018 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30659

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum