PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA SISWA (STUDI ANGKRINGAN BUKU MAN 1 YOGYAKARTA)

SAIFUDDIN KHOIRI, NIM. 13410065 (2018) PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA SISWA (STUDI ANGKRINGAN BUKU MAN 1 YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA SISWA (STUDI ANGKRINGAN BUKU MAN 1 YOGYAKARTA))
13410065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA SISWA (STUDI ANGKRINGAN BUKU MAN 1 YOGYAKARTA))
13410065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (629kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah keprihatinan peneliti mengenai rendahnya tingkat kesadaran motivasi membaca siswa, dan kurang maksimalnya pemanfataan peran dari perpustakaan dalam meningkatkan motivasi membaca siswa ditingkat SMA, SMK maupun MA. Hal tersebut terjadi dikarenakan kurangnya pemberdayaan perpustakaan, yang fungsi awalnya sebagai sumber informasi, pengetahun bagi siswa. Sehingga dibutuhkannya upaya pemberdayaan perpustakaan yang maksimal agar peran dari perpustakaan sebagai sumber informasi pengetahuan bagi siswa dan masyarakat umum dapat diakses dan dimanfaatkan secara maksimal. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan beberapa faktor pendukung dan penghambat dari angkringan buku dalam meningkatkan motivasi membaca siswa MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, mengambil latar di angkringan buku perpustakaan MAN 1 Yogyakarta. Dengan menggunakan pendekatan psikologis. Subyek yang diambil dalam penelitian ini adalah petugas perpustakaan dan pengelola angkringan buku MAN 1 Yogyakarta, serta siswa kelas XI sebanyak 14 siswa. Sedangkan, obyek penelitian ini ialah peran angkringan buku dan motivasi membaca siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode berfikir dalam analisis data penelitian ini bersifat induktif. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah ; 1) Peran angkringan buku dalam meningkatkan motivasi membaca siswa yaitu, yaitu dengan mempermudah siswa memperoleh informasi, menyediakan koleksi yang selalu update, atau terbaru, membuat display yang menarik, mengadakan fasilitas Hotspot Area, memilih bacaan yang menarik bagi pengguna, memberikan ruang yang lebih nyaman dan terbuka, dan mengadakan kegiatan seperti juma tokoh, bazar buku dan lomba-lomba. Sementara untuk faktor pendukung dan penghambatnya diperoleh hasil sebagai berikut, faktor pendukung meliputi ; adanya display yang unik dan menarik, penyajian koleksi yang bagus dan unik, adanya pelayanan open acces, koleksi yang selalu bertambah setiap harinya, penyajian yang simpel dan praktis, adanya majalah MANSA News dan koleksi Jogjasiana, tersediannya fasilitas Hotspot area, serta adanya petugas yang profesional, ramah dan terbuka. Sementara untuk faktor penghambatnya meliputi ; koleksi bacaan yang kurang bervariasi, terbatasnya petugas pengelola angkringan buku, waktu istirahat siswa yang sebentar, adanya kegiatan ekstra lain, kurangnya sosialisasi dari pihak angkringan buku, dan adanya proyek pembangunan asrama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, M.A
Uncontrolled Keywords: Peran, Perpustakaan, Angkringan Buku, Motivasi Membaca, Siswa MAN 1 Yogyakarta.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Nov 2018 13:15
Last Modified: 21 Nov 2018 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30661

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum