PELAKSANAAN PROGRAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL VIII MTS NURUL UMMAH YOGYAKARTA

Rina Rohma Wati, NIM: 13410129 (2018) PELAKSANAAN PROGRAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL VIII MTS NURUL UMMAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PROGRAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL VIII MTS NURUL UMMAH YOGYAKARTA)
13410129_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PROGRAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL VIII MTS NURUL UMMAH YOGYAKARTA)
13410129_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kecerdasan spiritual penting diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, karena kebahagiaan hidup sejatinya bukan hanya terletak pada materi, namun kepada pemaknaan hidup. MTs Nurul Ummah Yogyakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan program full day school. Full day school memberikan efek positif dengan siswa lebih banyak waktunya di sekolah. Oleh karena itu, perkembangan kecerdasan spiritual siswa meningkat dengan adanya program atau kebiasaan-kebiasaan yang diterapkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program full day school dan ada atau tidak pengaruhnya terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VIII MTs Nurul Ummah. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII MTs Nurul Ummah Yogyakarta yang berjumlah 49 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik skala, angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan program full day school di MTs Nurul Ummah dimulai pukul 06.45 dan berakhir pukul 16.00. Kurikulum yang digunakan dengan memadukan kurikulum dari departemen agama dan pesantren yang meliputi memadukan mata pelajaran umum, agama, pesantren, serta pengembangan prestasi dan minat bakat siswa. (2) Ada pengaruh positif antara pelaksanaan program full day school terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VIII MTs Nurul Ummah Yogyakarta. Kecerdasan spiritual siswa kelas VIII dipengaruhi olek pelaksanaan program full day school sebesar 36,4% sedangkan 63,6% dipengaruhi faktor lain. Hal itu karena beberapa faktor yaitu kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sarana dan prasarana, dan adanya kegiatan ekstrakulikuler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Full Day School, Kecerdasan Spiritual
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Nov 2018 15:57
Last Modified: 21 Nov 2018 15:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30671

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum