METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Studi Atas Pembentukan Akhlakul Karimah dalam Tarekat Naqsyabandiyyah di Pondok Pesantren Kasepuhan Qashrul ‘Arifin Atas Angin Ciamis)

FAROH KHOLIDAH, NIM. 13410003 (2018) METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Studi Atas Pembentukan Akhlakul Karimah dalam Tarekat Naqsyabandiyyah di Pondok Pesantren Kasepuhan Qashrul ‘Arifin Atas Angin Ciamis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Studi Atas Pembentukan Akhlakul Karimah dalam Tarekat Naqsyabandiyyah di Pondok Pesantren Kasepuhan Qashrul ‘Arifin Atas Angin Ciamis))
13410003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Studi Atas Pembentukan Akhlakul Karimah dalam Tarekat Naqsyabandiyyah di Pondok Pesantren Kasepuhan Qashrul ‘Arifin Atas Angin Ciamis))
13410003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Semakin majunya peradaban manusia, tingginya ilmu pengetahuan dan teknologi serta modernisasi yang merambah di semua kalangan umat manusia. Perilaku yang menyimpang dari norma agama maupun norma-norma yang berlaku di masyarakat pada umumnya jelas merupakan bahaya yang sangat mengganggu bagi ketenangan hidup masyarakat. Oleh karena itu, misi utama risalah kenabian Rasulullah ialah menyampaikan seruan moral ditengah kerontangnya akhlak, agar setiap umat manusia menghiasi diri dengan keagungan akhlak, yakni melalui jalan (tarekat) spiritual dengan berdzikir kepada Allah SWT, mengisi jiwa dengan hal-hal yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga terbentuklah manusia yang berakhlaqul karimah. Tujuan penelitian ini adalah menjabarkan metode dan materi yang dipakai dalam pendidikan Tarekat Naqsyabandiyyah kemudian menerangkan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Observasi adalah pengamatan dan pencatatan yang bersifat sistematik tentang fenomena-fenomena yang diselidiki. Wawancara merupakan teknik mengumpulkan informasi yang dilakukan dengan cara melakukan tanya jawab baik secara langsung maupun tidak langsung. Dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengambilan data yang diperoleh melalui dokumen-dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan memberikan ulasan atau interpretasi terhadap data yang diperoleh sehingga menjadi jelas dan bermakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tarekat Naqsyabandiyyah di PP. Kasepuhan Qashrul ‘Arifin Atas Angin Ciamis ini dalam membentuk akhlakul karimah memiliki metode dan materi pendidikan yang khas dan unik. Adapun metode pendidikannya: mujahadah, riyadhah, dzikrullah, rabithah, khidmah, shuhbah, pasulukan, safari naqsyabandi, dan haul Al-Maghfurlah H.S.M Nahrawi Qs dan Birr al- Walidayn. (2) Materi pendidikannya adalah adab kepada diri sendiri, orang lain, dan Guru. (3) Metode pendidikan tarekat naqsyabandiyyah ini mempunyai kesamaan dengan metode pendidikan agama islam yaitu metode pembiasaan, muraqabah, keteladanan, ceramah, diskusi, pemberian tugas, mudzakarah, karya wisata, tobat dan ampunan dan kisah. Sedangkan materi pendidikan tarekat naqsyabandiyyah yang bersifat aplikatif ini sebagai pelaksanaan dari materi pendidikan agama Islam, yaitu akhlak kepada diri sendiri, orang lain, dan Guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Maragustam Siregar, M. A.
Uncontrolled Keywords: Metode, Ahlakul karimah, Tarekat, Naqsyabandiyyah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Nov 2018 13:18
Last Modified: 23 Nov 2018 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30673

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum