RELEVANSI PROGRAM ORGANISASI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SANTRI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PRAMBANAN YOGYAKARTA (Perspektif Teori Kecerdasan Interpersonal Howard Gardner)

ELSYA IQLIMA, NIM. 13410162 (2018) RELEVANSI PROGRAM ORGANISASI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SANTRI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PRAMBANAN YOGYAKARTA (Perspektif Teori Kecerdasan Interpersonal Howard Gardner). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI PROGRAM ORGANISASI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SANTRI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PRAMBANAN YOGYAKARTA (Perspektif Teori Kecerdasan Interpersonal Howard Gardner))
13410162_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI PROGRAM ORGANISASI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SANTRI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PRAMBANAN YOGYAKARTA (Perspektif Teori Kecerdasan Interpersonal Howard Gardner))
13410162_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah biasanya kecerdasan interpersonal diupayakan oleh guru PAI melalui berbagai strategi pembelajaran, sebenarnya kegiatan diluar kelas juga memberikan kesempatan besar kepada peserta didik untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal yang dimilikinya. Terlebih lagi pada sekolah asrama atau pondok pesantren, mereka berinteraksi sepanjang hari. Kegiatan yang dimaksud adalah organisasi Ikatan Pelajar Muhamadiyah di Muhammadiyah Boarding School Prambanan Yogyakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah program kerja apa saja yang dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal santri, bagaimana relevansi program kerja IPM dalam pengembangan kecerdasan interpersonal santri dan apa saja faktor yang mendukung pengembangan kecerdasan interpersonal santri di MBS Prambanan Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang relevansi program organisasi IPM dalam pengembangan kecerdasan interpersonal santri MBS serta faktor yang mendukungnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Muhammadiyah Boarding School Prambanan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangualasi, yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program kerja IPM yang relevan dalam pengembangan kecerdasan interpersonal yaitu program kerja bidang Kajian Dakwah Islam, bidang Bahasa, bidang Pengembangan Ilmu Pengetahuan, bidang Kesehatan, bidang Perkaderan, dan bidang Apresiasi Seni Budaya dan Olahraga. (2) relevansi program kerja IPM dalam pengembangan kecerdasan interpersonal dapat meningkatkan aspek a) kepemimpinan b) kepekaan c) empati dan d) kemampuan merundingkan pemecahan masalah. (3) Faktor yang mendukung pengembangan kecerdasan interpersonal adalah a) Keadaan, yaitu keadaan sekolah yang merupakan pondok pesantren menuntut PR IPM untuk memiliki banyak peran sebagai kakak kelas, penegak disiplin, mengayom dan panutan/contoh dan b) Amanah yaitu tanggungjawab sebagai PR IPM mengharuskan mereka meningkatkan jiwa kepemimpinan, lebih peka terhadap tugas dan keadaan partner, saling memahami, dan mudah bergaul untuk menjalin serta mempertahankan relasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Organisasi IPM, Kecerdasan Interpersonal, Howard Gardner
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Dec 2018 15:53
Last Modified: 12 Dec 2018 15:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30686

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum