PENGARUH HASIL EVALUASI AUTENTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL

ULFAH KHUSNAINI, NIM. 13410181 (2018) PENGARUH HASIL EVALUASI AUTENTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH HASIL EVALUASI AUTENTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL)
13410181_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH HASIL EVALUASI AUTENTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL)
13410181_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya bahwa siswa yang memiliki nilai hasil belajar PAI yang bagus, ia juga memiliki sikap atau akhlak yang bagus dalam kehidupan sehari-hari. Namun kenyataanyan ada siswa yang memiliki prestasi PAI yang bagus tetapi sikap dan akhlak dalam beribadah maupun dalam keseharian kurang bagus. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang pengaruh hasil evaluasi autentik PAI terhadap akhlak siswa kelas VIII di SMP Negeri I Banguntapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa besar pengaruh hasil evaluasi autentik PAI terhadap akhlak siswa kelas VIII di SMP Negeri I Banguntapan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri I Banguntapan. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) diambil 100 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 40 butir angket semuanya valid, sedang hasil reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,886 dan dinyatakan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat hasil evaluasi autentik PAI secara umum pada kategori baik, yaitu 46%. 2) Tingkat akhlak siswa secara umum pada kategori baik, yaitu 61%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil evaluasi autentik PAI dengan akhlak siswa SMP Negeri I Baguntapan, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel dan nilai (14,498 >1,987), dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan koefisien regresi bernilai positif sebesar 6,261. Besarnya pengaruh hasil evaluasi autentik PAI terhadap akhlak siswa kelas VIII di SMP Negeri I Banguntapan dilihat dari nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,682 berarti 68,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Autentik, Akhlak Siswa.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2018 14:35
Last Modified: 30 Oct 2018 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30688

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum