METODE PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH MAJELIS TA’LIM TARBIYATUL MUTA’ALLIMIN PADA REMAJA PLUGON KULON PROGO

NUR FAJRIANSYAH, NIM. 13410211 (2018) METODE PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH MAJELIS TA’LIM TARBIYATUL MUTA’ALLIMIN PADA REMAJA PLUGON KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH MAJELIS TA’LIM TARBIYATUL MUTA’ALLIMIN PADA REMAJA PLUGON KULON PROGO)
13410211_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH MAJELIS TA’LIM TARBIYATUL MUTA’ALLIMIN PADA REMAJA PLUGON KULON PROGO)
13410211_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan agama Islam sangat penting di dalam kehidupan. Pendidikan agama Islam bukan hanya disampaikan melalui pendidikan Formal (pendidikan sekolah), namun harus didukung oleh pendidikan non formal (pendidikan luar sekolah). Remaja Plugon memiliki semangat belajar agama Islam, akan tetapi keinginan tersebut tidak didukung dengan adanya fasilitas dan kegiatan keagamaan yang menarik untuk diikuti, Majelis Ta’lim Tarbiyatul Muta’allimin dibentuk sebagai wadah pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam yang mampu menarik dan memenuhi kebutuhan remaja Plugon terhadap pendidikan agama Islam. karena alasan tersebut membuat kegelisahan peneliti terhadap metode pembinaan pendidikan agama Islam melalui majelis Ta’lim Tarbiyatul Mutaállimin yang mampu menarik minat remaja untuk hadir melaksanakan pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metode, proses dan halhal yang menjadi ketertarikan remaja terhadap pelaksanaan metode pembinaan yang dilaksanakan oleh majelis Ta’lim Tarbiyatul Muta’allimin sehingga mampu menarik minat remaja untuk melaksanakan pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif. Adapun metode analisis data yang peneliti gunakan yakni metode reduksi data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) adanya perubahan terhadap akhlak dan pengetahuan remaja terhadap ilmu pengetahuan agama Islam setelah melaksanakan pembelajaran agama Islam di Majelis Ta’lim Tarbiyaul Muta’allimin, (2) Majelis sholawat sebagai media pendidikan agama Islam mampu memberikan dampak yang bagus terhadap motivasi dan minat remaja, (3) beberapa faktor penting seperti dukungan orang tua, tradisi, peningkatan keterampilan, dan kegiatan silaturrahim kerumah kyai memberikan dampak yang baik terhadap pelaksanaan pendidikan di Majelis Ta’lim Tarbiyatul Muta’allimin pada remaja di dusun Plugon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA.
Uncontrolled Keywords: Metode, Metode Pembinaan, Majelis Ta’lim, Pendidikan Agama Islam Pada Remaja
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Dec 2018 15:54
Last Modified: 12 Dec 2018 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30690

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum