IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PAKEM DALAM PROGRAM CREATIVITY CLASS FOR CHILDREN UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Mohammad Rofiq, NIM: 1520420017 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PAKEM DALAM PROGRAM CREATIVITY CLASS FOR CHILDREN UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PAKEM DALAM PROGRAM CREATIVITY CLASS FOR CHILDREN UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK)
1520420017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PAKEM DALAM PROGRAM CREATIVITY CLASS FOR CHILDREN UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK)
1520420017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Para Imigran yang masuk wilayah Indonesia secara ilegal, termasuk pengungsi dan pencari suaka ditempatkan di rumah detensi Imigrasi (RUDENIM). Keberadaan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) sebagai mandat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sangat berperan untuk melindungi pengungsi dan membantu pengungsi mencari solusi atas keadaan mereka. Selama proses pencarian suaka, para imigran akan mendapatkan bantuan berupa logistik dan pemenuhan Hak Asasi Manusia yang salah satunya adalah hak untuk tetap mendapatkan pendidikan. Proses pembelajaran yang ditujukan pada peserta didik berusia anak-anak yang seharusnya berlangsung dalam suasana gembira dan menyenangkan menjadi sebuah masalah bagi guru untuk bisa memenuhi tujuan pembelajaran. Hal ini dikarenakan dampak psikologis yang dialami oleh anak-anak selama tinggal di pengungsian. Pendidik harus mampu menerapkan strategi dan metode pembelajaran yang bertujuan agar peserta didik lebih aktif dan kreatif. Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dititikberatkan pada partisipasi peran seorang guru yang maksimal sebagai perancang pembelajaran untuk memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PAKEM untuk meningkakan motivasi belajar anak-anak imigran dalam program creativity class for children. Sehingga hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pemangku kebijakan sebagai bahan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan bersifat deskriptif kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini adalah para pengajar, pegawai rumah detensi imigrasi (Rudenim), dan anak-anak imigran dirumah detensi imigrasi Kota Semarang Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dalam penelitian ini mengguakan teknik analisis data deksriptif analisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengukur efektivitas implementasi PAKEM untuk peningkatan motivasi belajar peserta didik menggunakan Countenance Evaluation Model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep kreativitas dalam pembelajaran creativity class for children digambarkan dalam sebuah aktivitas pembelajaran yang mendorong kemampuan anak untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata. Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan terhadap anak-anak imigran di rudenim Kota Semarang melalui pola pembelajaran yang dituangkan dalam kegiatan bermain dan belajar di lingkungan rudenim. Indikator pada pengembangan pembelajaran berbasis PAKEM dalam program creativity class for children dibagi menjadi dua yaitu, aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. secara intrinsik, motivasi peserta didik dalam mengikuti program creativity class for children masih rendah. Namun secara ekstrinsik dan beberapa perspektif, motivasi peserta didik muncul dengan adanya penerapan pembelajaran berbasis PAKEM.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukirnan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: PAKEM, Creativity class, dan Motivasi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Dec 2018 15:55
Last Modified: 12 Dec 2018 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30695

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum