KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIMA 37 SUNAN KALIJOGO AMBULU JEMBER

M. Sholahuddin Amrulloh, NIM: 1520420018 (2018) KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIMA 37 SUNAN KALIJOGO AMBULU JEMBER. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIMA 37 SUNAN KALIJOGO AMBULU JEMBER)
1520420018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIMA 37 SUNAN KALIJOGO AMBULU JEMBER)
1520420018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada aspek keterampilan proses sains dan kreativitas peserta didik. 2) Mengetahui keterampilan proses sains peserta didik pada pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). 3) Mengetahui kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas V MIMA 37 Sunan Kalijogo. Pengambilan data berkaitan dengan keterampilan proses sains dan kreativitas peserta didik pada pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mata pelajaran IPA. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) Pelaksanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mata pelajaran IPA di MIMA 37 Sunan Kalijogo Ambulu Jember meliputi tiga tahapan. Tahap pendahuluan dibuka dengan salam dan do'a, guru memberikan apersepsi, dan guru memberikan tugas dan tanya jawab sekitar tugas. Tahap kegiatan inti meliputi: peserta didik kerja kelompok, diskusi kelompok, mempresentasikan hasil diskusi, dan tanya jawab hasil diskusi antar kelompok. Tahap penutup meliputi: peserta didik bersama kelompoknya menyimpulkan dan dibantu oleh guru, guru memberi instruksi untuk tugas dan materi yang dipelajari pada pertemuan berikutnya, guru menutup pelajaran dengan do’a. 2) Keterampilan proses sains peserta didik pada pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dikembangkan dalam tiga tahap. Tahap pertama pendahuluan, ada dua aspek yaitu aspek mengamati dan aspek berkomunikasi. Tahap kedua kegiatan inti, yaitu aspek mengamati atau observing, aspek berkomunikasi, aspek memperkirakan atau memprediksi, aspek mengukur, aspek pengumpulan data, aspek klasifikasi, dan aspek menafsirkan data. Tahap ketiga penutup,yaitu aspek menyimpulkan dan aspek berkomunikasi. 3) Kreativitas peserta didik dalam pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dikembangkan dalam tiga tahap. Tahap pertama pendahuluan, yaitu rasa ingin tahu. Tahap kedua kegiatan inti, yaitu aspek rasa ingin tahu, tekun dan tidak mudah bosan, percaya diri dan mandiri, tertantang oleh kemajemukan dan kompleksitas, dan berani mengambil resiko. Tahap penutup yaitu aspek berpikir divergen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Keterampilan Proses Sains, Kreativitas
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Sep 2018 13:58
Last Modified: 04 Sep 2018 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30696

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum