PENGARUH PENERAPAN METODE TUGAS KELOMPOK TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN PENERAPAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (Kasus Penelitian Siswa Kelas VIII MTsN Babadan Baru Sleman)

UJI PANGESTI - NIM. 03450484, (2009) PENGARUH PENERAPAN METODE TUGAS KELOMPOK TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN PENERAPAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (Kasus Penelitian Siswa Kelas VIII MTsN Babadan Baru Sleman). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN METODE TUGAS KELOMPOK TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN PENERAPAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (Kasus Penelitian Siswa Kelas VIII MTsN Babadan Baru Sleman))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE TUGAS KELOMPOK TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN PENERAPAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI (Kasus Penelitian Siswa Kelas VIII MTsN Babadan Baru Sleman))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode tugas kelompok terhadap minat dan prestasi belajar kelas VIII semester I MTsN Babadan Baru Sleman. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasy eksperimental). Metode pemberian tugas digunakan untuk tujuan agar siswa memiliki hasil belajar yang lebih baik, karena siswa melaksanakan latihan-latihan selama melakukan tugas sehingga pengalaman sisiwa dalam mempelajari sesuatu lebih terintegrasi. Populasi penelitian senua siswa kelas VIII B (sebagai kelas eksperimen). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pretest dan postest, lembar angket minat siswa dan lembar angket tanggapan siswa. Analisis untuk data minat dan data tanggapan siswa terhadap penggunaan metode tugas kelompok debagai metode dalam pembelajaran Biologi menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis minat siswa secara umum menunjukkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 6,16 untuk kelas eksperimen dan 6,18 untuk kelas kontrol. Bila dilihat dari nilai postest terlihat bahwa rata-rata nilai postest kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih besar dari pada kelas kontrol, yaitu 7,36 untuk kelas eksperimen dan 7,00 untuk kelas kontrol. Kenaikan nilai rata-rata pencapaian kelas eksperimen juga lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 1,20 untuk kelas eksperimen dan 0,82 untuk kelas kontrol. Analisis data untuk soal tes (pretest dan postest) menggunakan uji t antar kelompok. Sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji formalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Hasil uji t antar kelompok tersebut memberikan kesimpulan bahwa metode tugas kelompok dalam pembelajaran Biologi berpengaruh positif terhadap kenaikkan prestasi belajar siswa. Dari hasil perhitungan regrasi didapatkan bahwa penerapan metode tugas kelompok berpengaruh positif dan signifikan terhadap kenaikan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ir. Ciptono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: metode, tugas, kelompok, minat dan penerapan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 23 Sep 2013 11:50
Last Modified: 13 Dec 2016 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3070

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum