STATUS ANAK HASIL PROSES BAYI TABUNG DENGAN BANTUAN DONOR OVUM MENURLUT PANDANGAN SYAIKH MAHMUD SYALTUT

SIT! CHALIMAII, NIM. 993536G6 (2004) STATUS ANAK HASIL PROSES BAYI TABUNG DENGAN BANTUAN DONOR OVUM MENURLUT PANDANGAN SYAIKH MAHMUD SYALTUT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STATLLS ANAK I-IASIL PROSES BA YL TABUNG DENGAN BANTL.J AN DONOR OVUM :\IENURLIT FANOANGAN SYAIKI-1 MAHMUD SYALTUT)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STATLLS ANAK I-IASIL PROSES BA YL TABUNG DENGAN BANTL.J AN DONOR OVUM :\IENURLIT FANOANGAN SYAIKI-1 MAHMUD SYALTUT)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkawinan adabh suatu panggilan fitrah ya.ng semua umat mengakui dan melaksanakan adat tcrsebut. Dalam IslaM hukum perkawinan bisa bermacam­ macam .iari wajib samnai haram tergantung tujuan dan kondisi dari s seorang yan \a an melaksanakan pernikahan tersebut. Perkawinan lersebut mempunyai J:ujuan "alai-: satunya adalah ·.1gar mendapatkan keturunan dengan cara yang halat. yaitu dengar didasari ikatan pcrbm inan dan dcngan cara _vang alamiyah dari pasangan suami istri yang sah . Namun dcmikian, tidak scmua ;asangan suami istri itu dap2t mcmpcrolch kcturunan dari sualu perkawinan, karl·na adanya bcbcrapa faktor )'Jng me•1yebabkan sang istri tidak dapat mengandung . lnseminusi J3uatan merupakan salah satu alternatif yang dapat ditempuh oleh suami istri yang mandul agar mendapatkan keturunan. Program ini lcbilr dikcnal dcngan istilah bayi tabung atau J ,.,Ttilisusi in Vuro, dimana dalam pembahasan ini mcmbahas tentang bayi tabung dengan donor ovum (Fcrtilisast in Virro-1r(msja emhrio) yang dilakukan ole!-. pasangan suami istri dimana sang istri tidak mempunyai ovum yang subur yan pada akhirnya mereka menerima donor ovum dar; wa.Jita lain ya: g subur agar pasa.1gan •tu dapat me•nperoleh keturunan. Metode dari program ini adalah sd spem1a mikik sang suami diambil der1gan suatu alat ataupun dengan jalan unani kemudian setelah itu dipertemukan dengan (1vum milik wanita lain yang subur dalam sebuah cawan petri, setelah mc:cwati masa p·mb!.lahan yilitu sudah mcnjadi cmbrio, embrio tcrscbut diletakkan ke dalam rahim istri yang hanya mampu mengandung hingga embrio ttrsebut turnbuh mr::njadi janin yang sehat dan dapat dilahirkan keadaan normal. Skripsi ini mencoba menggunakan stuiy tokoh ulama kont mporer yaitu Sya1kh Mahmud Syaltut yang berpendapat bahwa program bayi tabung dengan bantuan donor ovum dari wanita lain dihukumi haram dan melarang keras tindakan tersebut karena di dalamnya terdapat percampuran unsure astng dalam nasrb yang menga ibatkan dampak negatj'dan Jestrukt l Syaltut mer.gatakan bahwa program ini dikategorikan ke dalam zina walaupuii diantara keduanya tidak berhubungan badan secara langsung melainkan proses tersebut hany dengan menggunakan alat dalam tabung. Dan mengenai status anak hasil program ini Syaltut tidak menjelaskan secara tegas dalam fNwunya namun meng nai kedudukan nasab anak tersebut hampir sama dengan ke(Judukan anak hasil zina dalam a:ti umum yaitu nasabnya dikaitkan Lanya kepada wanita yang me:tgandung dan melahirkannya saja sedangkan wanita yang mendonorkan O\ 'Utnnya tidak mempunyai hubungan na:ab sama sekali d\:ngan anak tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR.H. SAMSUL ANWAR , M.A.
Uncontrolled Keywords: Status anak bayi tabung
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Sep 2018 09:58
Last Modified: 04 Sep 2018 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30757

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum