PROSES PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN WISATA GUNUNG GENTONG, DESA NGALANG, KECAMATAN GEDANGSARI

FIKRI JUHDI, NIM . 13230022 (2018) PROSES PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN WISATA GUNUNG GENTONG, DESA NGALANG, KECAMATAN GEDANGSARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROSES PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN WISATA GUNUNG GENTONG, DESA NGALANG, KECAMATAN GEDANGSARI)
13230022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (PROSES PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN WISATA GUNUNG GENTONG, DESA NGALANG, KECAMATAN GEDANGSARI)
13230022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (463kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Proses Pengembangan Masyarakat Melalui Pengembangan Wisata Gunung Gentong, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari”. Penelitian ini menjelaskan tentang proses pembangunan wisata Gunung Gentong di Desa Ngalang, dimana sebelumnya daerah ini tidak dikelola namun sejak tahun 2016 mulai muncul ide kreatif yang dipelopori oleh pemuda karang taruna, sehingga munculah pengembangan wisata berbasis desa yang mulai ramai dikunjungi masyarakat maupun wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses yang dilakukan penggerak ataupun pelaksanaan dalam pengembangan tersebut. Untuk mendapatkan jawaban terhadap penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, proses terbentuknya pengembangan wisata Gunung Gentong dengan menggunakan tiga komponen, yaitu: (1) pembentukan kondisi lingkungan dan sosial sebagai sarana tindakan mengembangkan masyarakat melalui pengembangan wisata; (2) pembinaan dan penataan merubah sisi pandang masyarakat yang sempit terhadap kondisi lingkungan, potensi yang dimiliki, dan tata pengelolaan aset-aset desa, sebagai sarana mengorganisasi seluruh masyarakat dalam satu tindakan bersama mengembangkan Desa Ngalang; (3) kemandirian antara masyarakat dan penggerak yang diukur dengan sikap mandiri dan dinamis untuk menciptakan kekuatan, keinginan, dalam membangun rencana dan rancangan mengelola potensi lingkungan sebagai aset pengembangan masyarakat berbasis pariwisata di Desa Ngalang. Dengan demikian, proses yang dilakukan itu menguatkan tahapan yang mendasari teorinya Nanih Mahendrawati dan Agus Ahmad Safei meskipun terdapat beberapa tahapan yang dikembangkan. Kedua, dampak dari adanya proses pengembangan wisata Gunung Gentong, di antaranya: (1) dampak sosial-budaya dalam usaha meningkatkan kemampuan SDM masyarakat yang mulai produktif, perubahan perilaku masyarakat agraria menuju masyarakat wisata, dan usaha melestarikan alam serta budaya di sekitar Gunung Gentong; (2) dampak ekonomi dengan menumbuhkan peluang usaha bagi masyarakat untuk mengurangi kemiskinan, meskipun usaha tersebut masih hanya sebagai jasa parkir dan juga sebagai pemandu wisata Gunung Gentong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: proses, dampak, wisata Gunung Gentong
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Sep 2018 09:56
Last Modified: 06 Sep 2018 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum