AL HIMANAH AL SULTANIYYAH FI AL RIWAYAH MA'SAH ZAINAB LI ALI AHMAD BAKATHIR (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMAIYYAH ADABIYYAH HIMANIYYAH LI ANTONIO GRAMSCI )

NASRUL MUKHSININ, NIM. 13110082 (2018) AL HIMANAH AL SULTANIYYAH FI AL RIWAYAH MA'SAH ZAINAB LI ALI AHMAD BAKATHIR (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMAIYYAH ADABIYYAH HIMANIYYAH LI ANTONIO GRAMSCI ). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AL HIMANAH AL SULTANIYYAH FI AL RIWAYAH MA'SAH ZAINAB LI ALI AHMAD BAKATHIR (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMAIYYAH ADABIYYAH HIMANIYYAH LI ANTONIO GRAMSCI ))
13110082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (AL HIMANAH AL SULTANIYYAH FI AL RIWAYAH MA'SAH ZAINAB LI ALI AHMAD BAKATHIR (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMAIYYAH ADABIYYAH HIMANIYYAH LI ANTONIO GRAMSCI ))
13110082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh novel Ma’satu Zainab karya Ali Ahmad Bakatsir sebagai novel yang penting. Novel ini dianggap sebagai novel yang penting, karena novel ini menceritakan tentang sejarah invansi Perancis di Mesir pada tahun 8971 M sampai 8188 M. Selain itu, novel ini juga mencerminkan konflik dalam rangka memperebutkan kekuasaan dan jabatan serta pengkhianatan. Disisi lain, terdapat hegemoni kekuasaan yang dilakukan oleh pihak yang berkepentingan yang menjadikan masyarakat sebagai alat kekuasaan dan kekejaman politik pada masa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Adapun metode analisis pada penelitian ini melalui beberapa tahap. Pertama, menganalisis unsur intrinsik novel Ma’satu Zainab. Kedua, menganalisis bentuk-bentuk hegemoni kekuasaan yang terdapat dalam novel Ma’satu Zainab. Ketiga, menganalisis hubungan antara novel Ma’satu Zainab dengan fakta sejarah Mesir. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua teori. Pertama, teori struktural Robert Stanton, teori ini merupakan teori pendukung yang digunakan untuk menganalisis unsur intrinsik dalam novel. Kedua, teori sosiologi sastra hegemoni Antonio Gramsci. Teori ini merupakan teori utama yang digunakan untuk menganalisis bentuk-bentuk hegemoni politik kekuasaan yang terdapat dalam novel Ma’satu Zainab. Hasil penelitian yang ditemukan peneliti adalah : pertama, unsur interinsik yang digunakan untuk mengambarkan hegemoni politik kekuasaan dalam novel ini adalah tema, fakta cerita (karakter, alur, latar), dan sudut pandang. Kedua, bentuk hegemoni kekuasaan yang beroperasi menciptakan dua wilayah yaitu masyarakat sipil dan masyarakat politik yang masing-masing melakukan hegemoni ataupun terhegemoni. Selain itu terdapat hubungan yang erat antara struktur teks dalam novel dengan fakta sejarah. Kata kunci: hegemoni, kekuasaan, masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PROF. DR. BERMAWY MUNTHE, MA
Uncontrolled Keywords: hegemoni, kekuasaan, masyarakat.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Sep 2018 13:57
Last Modified: 26 Sep 2018 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30955

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum