PEMBELAJARAN TAHFIZ HADIS SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH (UNGGULAN) JUWIRING KLATEN

MUH IRHAM MASYKURI NIM. 05410102, (2009) PEMBELAJARAN TAHFIZ HADIS SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH (UNGGULAN) JUWIRING KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN TAHFIZ HADIS SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH (UNGGULAN) JUWIRING KLATEN)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN TAHFIZ HADIS SISWA KELAS I MI MUHAMMADIYAH (UNGGULAN) JUWIRING KLATEN)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran tahfiz hadis siswa kelas I di MI Muhammadiyah (Unggulan) Juwiring terdapat beberapa permasalahan yang mendasar. Dalam prakteknya, pembelajaran tahfiz hadis mengalami banyak permasalahan baik dari siswa maupun guru sendiri. Ada beberapa permasalahan yang timbul dalam tahfiz hadis diantaranya : Pertama, kondisi fisik siswa yang menurun karena tahfidz hadits dilaksanakan pada setiap hari senin dan rabu jam 13.30-14.00, padahal siswa kelas I sudah memulai belajar sejak pukul 07.00. Kedua, siswa kelas I rata-rata berusia 6-8 tahun dan baru mengenal baca tulis al-Qur’an sehingga mengalami kesulitan untuk menghafal hadis berbahasa Arab. Ketiga, Suasana kelas yang tidak kondusif yang disebabkan oleh siswa, baik karena berbincang dengan teman sebangku, bermain-main, tidak memperhatikan guru. Dengan kondisi seperti ini guru pengampu mengalami kesulitan dalam mengkondisikan ruang kelas yang gaduh. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang urgensi tahfiz hadis di MI Muhammadiyah (Unggulan) Juwiring Klaten dan juga pelaksanaan tahfiz hadis bagi siswa kelas I MI Muhammadiyah (Unggulan) Juwiring Klaten. Hasil penelitian ini diharapkan bisa digunakan untuk menambah wawasan dalam melaksanakan pembelajaran,khususnya tahfiz hadis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil MI Muhammadiyah (Unggulan) Juwiring Klaten. Adapun pengumpulan data bersumber dari pengamatan / observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pemberian makna terhadap data yang terkumpul dan dari makna tersebut ditariklah kesimpulan.Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Urgensi pelaksanaan tahfiz hadis siswa kelas I MI Muhammadiyah (Ungggulan) Juwiring Klaten adalah : (1) Meningkatkan religiusitas siswa. (2) Sebagai bekal siswa di kehidupan mendatang. (3) Merupakan realisasi dari salah satu misi MI Muhammadiyah (Unggulan) Juwiring, yaitu menjadikan kajian al-Qursnn dan al-sunnah (hadis) sebagai kebutuhan peserta didik. (4) Melatih dan meningkatkan daya ingat siswa. (5) Membantu siswa dalam mengikuti pelajaran lain (khususnya al-Quran, hadis dan fiqh). Pelaksanaan tahfiz hadis yang meliputi : (1) Teknik pelaksanaan tahfiz hadis yaitu guru membacakan hadis terlebih dahulu dan siswa menirukan sampai benar-benar hafal. (2) Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi. (3) hadis yang dihafalkan diusahakan yang berkaitan dengan pelajaran lain. (4) Media yang digunakan adalah buku hadis arbain al-nawawiyyah, papan tulis, spidol dan penghapus. (5) Evaluasi dilakukan satu bulan sekali dengan cara tes lisan tanpa melihat buku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Tahfiz, Hadis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 08 Aug 2012 22:41
Last Modified: 08 Aug 2012 22:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum