Peranan Guru agama dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di MTs Negeri Janten Temon Kulon Progo

Khoiriyah DJ, 97413497 (2003) Peranan Guru agama dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di MTs Negeri Janten Temon Kulon Progo. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Peranan Guru agama dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di MTs Negeri Janten Temon Kulon Progo)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Peranan Guru agama dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di MTs Negeri Janten Temon Kulon Progo)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Peranan Guru agama dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di MTs Negeri Janten Temon Kulon Progo adalah bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan guru agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik MTs Negeri Janten, Temon, Kulon Progo, dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi proses pembinaan akhlak peserta didik di MTs Negeri Janten, Temon, Kulon Progo, serta untuk mengetahui apa saja yang dilakukan oleh gusru agama Islam terhadap peserta didik yang melkaukan penyimpangan akhlak di MTs Negeri Janten, Temon, Kulon Progo. Dalam penulisan digunakan beberapa metode, yaitu metode penentuan subyek, metode pengumpulan data, serta metode analisa data. Dalam penentuan subyek, penulis menggunakan populasi yang trediri dari kepala sekolah, staf pengajar, karyawan, juga peserta didik dari kelas II dan III. Karena bayaknya peserta didik maka penulis hanya mengambil sebagian peserta didik dari masing-masing kelas yang diambil 40 responden. Dalam pengumpulan datanya, penelitian ini menggunakan metode interview, observasi, dokumentasi, dan angket. Adapun metode analisas data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif, deduktif, induktif, dan kuabtitatif. Dari pembahasan yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil angket maka dapat diambil kesimpulan bahwa peranan guru agama dalam pembinaan akhlak di MTs Negeri Janten, Temon, Kulon Progo kurang memuaskan. ini bisa dilihat bahwa pembinaan yang mereka lakukan melalui pendidikan kurang berhasil. 2)Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembinaan akhlak peserta didik MTs Negeri Janten, Temon, Kulon Progo adalah faktor ibtern, yaitu yang berasal dari dalam diri sendiri dan faktor ekstern yang berasal dari luar dirinya atau dari lingkungan sekolah. 3) Usaha-usaha yang ditempuh oleh guru agama Islam dalam rangka pembinaan akhlak peserta didik di sekolah tersebut adalah melalui proses belajar mengajar di sekolah dan aktif mengadakan kegiatan-kegiatan di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DRS. MOCH. ASRORI, M.PD
Uncontrolled Keywords: Guru, Peranan Guru Agama, Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 22 Oct 2018 08:23
Last Modified: 22 Oct 2018 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31167

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum