IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI DALAM MENANGANI PENYESUAIAN DIRI YANG SALAH (MALADJUSMENT)SISWA DI SMA KOLOMBO SLEMAN

DYESI KUMALASARI, NIM. 1520311081 (2018) IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI DALAM MENANGANI PENYESUAIAN DIRI YANG SALAH (MALADJUSMENT)SISWA DI SMA KOLOMBO SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI DALAM MENANGANI PENYESUAIAN DIRI YANG SALAH (MALADJUSMENT) SISWA DI SMA KOLOMBO SLEMAN)
1520311081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI DALAM MENANGANI PENYESUAIAN DIRI YANG SALAH (MALADJUSMENT) SISWA DI SMA KOLOMBO SLEMAN)
1520311081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (629kB)

Abstract

Latar belakang permasalahan ini adalah berdasarkan telah dilaksanakanya observasi di SMA Kolombo Sleman, terdapat beberapa siswa yang mengalami perilaku maladjusment. siswa yang berperilaku maladjusment yang dimaksudkan adalah anak yang mengalami kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sosialnya dan mengalami kesulitan untuk menjalin komunikasi dengan teman sebayanya. tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk, faktor penyebab maladjusment, tahapan bimbingan dan konseling pribadi dalam menangani siswa yang maladjusment setra untuk mengetahu perkembangan siswa tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu sebuah proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif sebagaiman adanya yang terjadi di lapangan. dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru BK dan siswa yang mengalami maladjustment di SMA Kolombo Sleman. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menunjukkan bahwa terdapat bentukbentuk maladjusment di SMA Kolombo Sleman diantaranya: jenuh tinggal di asrama, bolos sekolah, alpa serta menggangu teman (nakal), serta faktor penyebab maladjusment siswa tersebut diantaranya: faktor perkembangan anak, faktor lingkungan keluarga, faktor sosial anak serta faktor sosial cultural yang berbeda. tahapan dalam bimbingan dan konseling pribadi dalam menangani penyesuaian diri yang salah (maladjusment) di SMA Kolombo diantaranya: 1. perencanaan, terdapat beberapa kegiatan: identifikasi masalah, mengatur waktu pertemuan, menyiapkan teknis dan lanyanan serta menyiapkan administrasi, 2. pelaksanaan, diantranya: tindakan awal, pertengahan, dan tindakan akhir. 3. evaluasi, 4. tindak lanjut, 5. laporan. respon siswa bersifat positif, ada siswa yang mengalami perilaku kea rah weel adjustment.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Zainudin M. Ag
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Pribadi, perilaku maladjustment siswa.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Oct 2018 15:44
Last Modified: 22 Oct 2018 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum