INDEPENDENSI MAHKAMAH SYAR'IYAH NANGGROE ACEH DARUSSALAM ( Telaah Bah XII Pasal 25-26 Undang-Undang No.l8 Tahun 2001)

MUHAMMAD ALFIAN DJA'FAR, NIM. 98353062 (2003) INDEPENDENSI MAHKAMAH SYAR'IYAH NANGGROE ACEH DARUSSALAM ( Telaah Bah XII Pasal 25-26 Undang-Undang No.l8 Tahun 2001). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INDEPENDENSI MAHKAMAH SYAR' IYAH NANGGROE ACEH DARUSSALAM ( Telaah Bah XII Pasal 25-26 Undang-Undang No.l8 Tahun 2001))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INDEPENDENSI MAHKAMAH SYAR' IYAH NANGGROE ACEH DARUSSALAM ( Telaah Bah XII Pasal 25-26 Undang-Undang No.l8 Tahun 2001))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Undang-undang No. 18 tahun 2001 adalah tentang pemberian otonomi yang luas bagi Aceh, Provinsi dengan sebutan Nanggroe Aceh Darussalam, Undang- Undang Nanggroe Aceh Darussalam bagi sebagian orang Aceh merupakan sebuah anugrah yang telah lama dinanti, betapa tidak dalam Undang-undang tersebut termuat berbagai macam kekhususan yang terdiri dari XIV Bab dan 34 pasal. Dari sekian hanyak bab dan pasal yang ada salah satu bab yang banyak melahirkan pro dan kontra adalah bah XII yang membahas tcntmg Mahkamah Syar'iyah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Bab yang memuat pasal25 dan 26 ini menjelaskan kedudukan Mahkamah Syar'iyah di Nangroe Aceh Darussalam. Penulis tertarik meneliti tentang lsejauh mana Independensi Mahkamah Syar'iyah Nanggroc Acch Darussalam dan scjauh manakah Otonumi yang diberikan pemerintah pusat terhadap Mahkamah ini. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Dalam penyumpulan data penulis menggunakan metode literal yaitu dengan cara menggali informasi yang ada di berbagai buku yang berhubungan dengan tema penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah : lndependensi yang dibcrikan pemerintah pusat kcpada Mahkamah Syar'iyah Nanggroe Aceh Darussalam pada dasarnya sudah mendekati Keindependenan. Pcrbedaan mendasar yang membedakan Peradilan Agama dengan, Mahkamah Syar'iyah Nanggroe Aceh Darussalam. Salah satu hal yang paling mendasar adalah Mahkamah Syar’iyah hanya diperuntukkan untuk wilayah Aceh saja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. DRS. MAKHR.US MUNAJAT. ,M.HUM 2. DRS.KHOLID ZULFA., MSi.
Uncontrolled Keywords: Independensi Mahkamah ; Nangroe Aceh Darussalam
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Oct 2018 12:04
Last Modified: 23 Oct 2018 12:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum