GAGASAN COMPASSION KAREN ARMSTRONG DAN KEMUNGKINAN RELEVANSINYA TERHADAP HARMONI UMAT BERAGAMA DI INDONESIA

PURNOMO, NIM. 13520027 (2018) GAGASAN COMPASSION KAREN ARMSTRONG DAN KEMUNGKINAN RELEVANSINYA TERHADAP HARMONI UMAT BERAGAMA DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GAGASAN COMPASSION KAREN ARMSTRONG DAN KEMUNGKINAN RELEVANSINYA TERHADAP HARMONI UMAT BERAGAMA DI INDONESIA)
13520027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (GAGASAN COMPASSION KAREN ARMSTRONG DAN KEMUNGKINAN RELEVANSINYA TERHADAP HARMONI UMAT BERAGAMA DI INDONESIA)
13520027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (888kB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang gagasan compassion (welas asih) Karen Armstrong dan kemungkinan relevansinya terhadap harmoni umat beragama di Indonesia. Kajian ini penting sebab harmoni umat beragama adalah suatu kebutuhan yang mendesak, mengingat dalam sejarah umat manusia ada begitu banyak kekejaman dan peperangan yang mengatasnamakan Tuhan dan agama. Padahal, tidak satu agama pun di dunia ini yang mengajarkan penganutnya untuk menjadi pelaku kekejaman bagi umat manusia. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana gagasan compassion Karen Armstrong dalam mewujudkan harmoni umat beragama dan bagaimana kemungkinan relevansi gagasan compassion Karen Armstrong terhadap harmoni umat beragama di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan mengambil data dari karya-karya Karen Armstrong, baik yang berbentuk buku, jurnal, pidato-pidato Karen di internet serta tulisan-tulisan lainnya yang memiliki kaitan dengan Compassion dan Harmoni Umat Beragama di Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologi pengetahuan dengan meminjam teori konstruksi realitas Peter L Berger yang digunakan sebagai pisau analisis dalam penelitian ini. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, dapat diperoleh kesimpulan bahwa gagasan compassion Karen Armstrong berakar pada kaidah emas (golden role) yang terdapat dalam agama-agama. Inti dari compassion Karen adalah tentang meniadakan egoisme diri dan meletakkan orang lain di atas diri sendiri. Compassion Karen merupakan latihan yang terdiri dari dua belas tahapan untuk menjadi pribadi welas asih, guna mewujudkan desa global yang ramah akan keragaman. Adapun dua belas langkah tersebut adalah :1) belajar belas kasih, 2) melihat dunia sendiri, 3) mengasihi diri sendiri, 4) empati, 5) perhatian penuh, 6 )tindakan, 7) betapa sedikitnya yang di ketahui, 8) cara berbicara kepada sesama,9) peduli kepada semua, 10) pengetahuan, 11) pengakuan, 12) mencintai musuh. Gagasan compassion yang di tawarkan Karen ini, mungkin relevan diterapkan di Indonesia, sebagai alternatif penyelesaian konflik yang terjadi dibeberapa wilayah Indonesia, sehingga harmoni umat beragama di Indonesia dapat terjaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Ahmad Muttaqin, S.Ag., M.Ag., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Karen Armstrong, compassion, Harmoni Umat Beragama di
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Oct 2018 14:28
Last Modified: 23 Oct 2018 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31241

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum