Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mendorong Kegiatan Keagamaan Siswa Man Yogyakarta Ii

Mahmud Syarif, NIM. 99414240 (2003) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mendorong Kegiatan Keagamaan Siswa Man Yogyakarta Ii. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mendorong Kegiatan Keagamaan Siswa Man Yogyakarta Ii)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mendorong Kegiatan Keagamaan Siswa Man Yogyakarta Ii)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDORONG KEGIATAN KEAGAMAAN SISWA MAN YOGYAKARTA II MAHMUD SYARIF NIM. 99414240 Pendidikan agama senantiasa dipersepsikan dalam keadaan terbelakang. Disentegrasi sistem pendidikan Islam belum terlihat perpaduan antara ilmu-ilmu agama yang diajarkan. Jika pendidikan Islam hendak diupayakan untuk dapat menjawab persoalan-persoalan tersebut, maka proses belajar mengajar harus mengalami modivikasi isi dan inovasi. Diantara modifikasi isi dan inovasi dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di MAN Yogyakarta II adalah diberlakukannya mata pelajaran Praktik Ibadah. Berangkat dari uraian di atas peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keagamaan para siswa di MAN Yogyakarta II dan bagaimana bentuk dan hasil dari upaya Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecakapan keagamaan di MAN Yogyakarta II. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah intervieuw, angket, observasi, dokumentasi. Data penelitian dianalisis kualitatif deskriptif kemudian dibahas dengan dua cara berfikir deduktif dan induktif. Hasil penelitian ini adalah: 1.Upaya guru PAI dalam meningkatkan kecakapan keagamaan di MAN Yogyakarta II diantaranya memanfaatkan jam pelajaran kosong, memberi tugas kepada siswa, adanya mata pelajaran “praktik ibadah”, dan memanfaatkan momentum-momentum istimewa dalam Islam untuk memperdalam kecakapan siswa dalam bidang ibadah. 2.Bentuk-bentuk kecakapan keagamaan yang diberikan kepada siswa adalah ibadah shalat, ibadah sosial dan ibadah yang berhubungan dengan khutbah dan dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : Dra. Sri Sumarni, M. Pd. Suwadi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Strategi Pendidikan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sri Astuti
Date Deposited: 30 Oct 2018 08:51
Last Modified: 30 Oct 2018 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31289

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum