MENJADI “KELURAHAN BUDAYA”: UPAYA DAN TANTANGANNYA DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LOKAL DI TEGALREJO KOTA YOGYAKARTA

KHUSNUL KHOTIMAH, NIM. 14230018 (2018) MENJADI “KELURAHAN BUDAYA”: UPAYA DAN TANTANGANNYA DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LOKAL DI TEGALREJO KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENJADI “KELURAHAN BUDAYA”: UPAYA DAN TANTANGANNYA DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LOKAL DI TEGALREJO KOTA YOGYAKARTA)
14230018_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MENJADI “KELURAHAN BUDAYA”: UPAYA DAN TANTANGANNYA DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LOKAL DI TEGALREJO KOTA YOGYAKARTA)
14230018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Program Kelurahan Budaya merupakan program Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka pelestarian dan pemngembangan budaya lokal Yogyakarta. Program ini ditujukan pada seluruh Desa/Kelurahan se-Provinsi DIY dan bagi yang memenuhi kriteria sesuai Peraturan Gubernur DIY No. 36 Tahun 2014 tentang Desa/Kelurahan Budaya akan mendapatkan gelar ‘Kelurahan Budaya’. Dalam mendapatkan gelar tersebut Desa/Kelurahan terkait perlu melakukan upaya untuk memenuhi kriteria sebagai Kelurahan Budaya, seperti upaya Kelurahan Kricak dalam pengembangan budaya lokal untuk menjadi Kelurahan Budaya. Sebagai Kelurahan yang sudah menjadi Kelurahan Budaya, Kelurahan Kricak tentu mendapati tantangan yang harus dihadapi dalam pengembangan budaya lokalnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya sebelum dan tantangan sesudah menjadi Kelurahan Budaya dalam pengembangan budaya lokal di Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan teknik kriteria. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan data, serta analisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya Kelurahan Kricak untuk menjadi Kelurahan Budaya yaitu mengaktualisasikan potensi, pengembangan, dan konservasi sesuai Peraturan Gubernur mengenai Kelurahan Budaya. Sedangkan tantangan yang dihadapi Kelurahan Kricak sebagai Kelurahan Budaya yaitu terdapat 3 (tiga) bidang yaitu pada sumber daya manusia, kelembagaan, dan prasarananya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Siti Syamsiyatun, MA, Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: Upaya, Tantangan, Kelurahan Budaya, Budaya Lokal
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Dec 2018 09:34
Last Modified: 17 Dec 2018 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31326

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum