TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN ZAKA T PENGUSAHA GENTENG Dl DESA GADUNGREJO KLIRONG KEBUMEN JAWA TENGAH

SOBAN MALAWI, NIM : 94312236 (2002) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN ZAKA T PENGUSAHA GENTENG Dl DESA GADUNGREJO KLIRONG KEBUMEN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN ZAKA T PENGUSAHA GENTENG Dl DESA GADUNGREJO KLIRONG KEBUMEN JAWA TENGAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN ZAKA T PENGUSAHA GENTENG Dl DESA GADUNGREJO KLIRONG KEBUMEN JAWA TENGAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (866kB)

Abstract

Pada umumnya tujuan zakat adalah menuntut agar dalam setiap harta yang ada di dunia ini diinginkan kebersihan dan kesucian. Manusia dituntut untuk mebersihkan jiwa dan harta yang dimilikinya yaitu dengan beriman dan menyisihkan sebagian harta yang dimiliknya kepada mereka yang diberi hak atasnya. Dalam hal ini, masyarakat desa Gadungrejo, Klirong, Kebumen Jawa Tengah yang andalan mata pencahariannya adalah industri genteng yang merupakan komunitas masyarakat yang dijumpai penulis, dimana penulis melihat ada potensi tersendiri, terutama melihat sekilas masyarakat tersebut, ada sisi yang menarik hubungannya dengan masalah zakat. . Oleh karenanya penulis ingin meneliti bagaimanakah mekanisme dan pandangan hukum Islam tentang pelaksanaan zakat pengusaha genteng di Desa Gadungrejo Klirong Kebumen tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan,di mana dalam mengumpulkan data menggunakan meode wawancara dan observasi. Kesimpulan penelitian ini adalah Pelaksanaan zakat yang dilakukan oleh sebagian pengusaha genteng di Desa Gadungrejo Klirong Kebuemn Jawa Tengah meliputi dua mekanisme pelaksanaan~ yaitu pelaksanaan yang dilakukan oJell langsung oleh pengusaha yang bersangkutan mulai dari proses penghitungan kadar zakat, pemilihan penerima (nwzakki), sampai pada mekanisme penetapan waktu pelaksanaan, dan mekanisme yang kedua adalah mekanisme yang dilakukan secara tidak langsung artinya pengusaha dalam hal ini menyerahkan urusan pelaksanaan zakat melalui badan Ami! Zakat yang berada di Desa Gadungrejo Klirong Kebumen Jawa Tengah. Pandangan Islam tentang pelaksanaan zakat yang dilakukan oleh sebagian pengusaha genteng di Desa Gadungrejo, d alam pelaksanaan perhitungan sebagian besar pengusaha belum sesuai dengan tekhnik penghitungan yang sesuai dengan tekhnik yang digariskan oleh Hukum Islam. Dalam masalah pendistribusian zakat sebagian besar pengusaha telah sesuai dengan al-Qur'an dan Hadis. Tentang waktu periode dalam hal ini sebagian besar pengusaha yang berfariasi dalam melaksanakan zakatnya, Islam tidak mempersalahkan dan dengan telah dilaksanakannya dalam kurun waktu yang berbeda tersebut telah meggugurkan kewajiban untuk zakat terhadap pengusaha dalam satu tahunnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DRS. H. BARMAWI MUKRI, SH, MAG DRS. MALIK IBRAHIM
Uncontrolled Keywords: Zakat ; Pengusaha genteng
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 05 Nov 2018 14:22
Last Modified: 05 Nov 2018 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31368

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum