KONTRIBUSI WAROENG SPESIAL SAMBAL DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

TRI WIBOWO, NIM. 14230044 (2018) KONTRIBUSI WAROENG SPESIAL SAMBAL DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI WAROENG SPESIAL SAMBAL DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14230044 I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI WAROENG SPESIAL SAMBAL DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14230044 II, III,.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Waroeng Spesial Sambal merupakan tempat makan yang menyediakan beragam macam jenis sambal di dalam menu makanannya. Waroeng Spesial Sambal didirikan oleh Bapak Yoyok Eri Wahyono yang pada waktu ini masih berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Kimia, Universitas Gajah Mada. Sebagai bentuk pertanggung jawaban, Waroeng Spesial Sambal melakukan filantropi sosial dengan mendonasikan sebagian dari penghasilannya untuk pemberdayaan ekonomi penyandang disabilitas di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Program Waroeng Spesial Sambal dapat mempengaruhi ekonomi bagi penyandang disabilitas dan strategi Waroeng Spesial Sambal dalam pemberdayaan ekonomi bagi penyandang disabilitas di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan kriteria. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan bantuan pendamping. Semua data dilihat validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan data, serta dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, bantuan program Waroeng Spesial Sambal dapat mempengaruhi perekonomian penyandang disabilitas, terlihat dari pernyataan Mas Hari (disibilitas netra), Mas Deni (disabilitas netra), Bu Marsiyem (disabilitas netra), dan Bu Endang (disabilitas daksa), yakni dengan bantuan sebesar 2.000.000 rupiah, mereka mampu mengembangkan usahanya sehingga bisa meningkatkan perekonomian mereka. Kedua, strategi Waroeng Spesial Sambal dalam pemberdayaan ekonomi bagi penyandang disabilitas adalah Waroeng Spesial Sambal berperan sebagai penyedia dana bantuan; menggandeng mitra-mitra yang memiliki fokus pemberdayaan ekonomi sebagai fasilitator yang memantau penerima manfaat (penyandang disabilitas); dan pemberdayaan ekonomi berdasarkan filosofi ikan..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdur Rozaki, M. Si,
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Waroeng Spesial Sambal, Pemberdayaan Ekonomi, Penyandang Disabilitas.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Nov 2018 10:49
Last Modified: 09 Nov 2018 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31457

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum