PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

WINARNO - NIM. 04220028, (2009) PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008 )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Bimbingan Kelompok dan faktor pendukung serta penghambatnya dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Maka, Rumusan masalahnya Bagaianana pelaksanaan Bimbingan Kelompok dan Apa saja Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan tersebut. Jenis Penelitian ini adalah Kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. subyek penelitian ini adalah Guru BK, Pembina Asrama dan Pembimbing Ahli sebagai Pelaksana Bimbingan. Siswa Kelas VIII dan Kelas IX sebagai sasaran Bimbingan. Metode Pengumpulan datanya adalah Observasi, Interview, dan Dokumentasi. Metode Analisis datanya menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah, Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam meningkatkan Rasa Percaya Diri dikelas VIII dan Kelas IX di MTs Wahid Hasyim Yogyakarta dilakukan secara rutin pada jam pelajaran BK setiap satu minggu 1 jam tatap muka, pada jam kosong dan jam diluar sekolah secara kondisional. Metode Yang digunakan teaching group dan group counseling, Bentuk-bentuknya adalah Kelompok diskusi, Ceramah, Pencak Silat, Seni Shalawat, Pengembangan Bahasa Asing, Sosiodrama, Out Bond. Sedangkan, faktor pendukungnya yakni, motivasi dari siswa sendiri, Pembimbing yang profesional, Saran yang menunjang, materi yang menarik. Fator penghambatnya adalah Pembimbing yang tidak kompoten, materi yang kurang menarik, motivasi diri yang rendah dari siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: MUHSIN KALIDA, S.AG, MA
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok dan Percaya Diri
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 11 Sep 2012 21:14
Last Modified: 29 Dec 2016 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3146

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum