LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 SEWON

LINTANG JUTA SAMAWAHANA, NIM. 14220005 (2018) LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 SEWON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 SEWON)
14220005_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 SEWON)
14220005_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

LINTANG JUTA SAMAWAHANA, 14220005. "Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX di SMP Negeri 1 Sewon. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Belajar sangat memegang peranan penting dalam kehidupan manusia agar seseorang mendapatkan ilmu yang baik dan dapat bermanfaat untuk kelangsungan hidupnya serta masa depannya. Latar belakang penyusunan penelitian ini berdasarkan kejaidian adanya siswa yang membutuhkan motivasi belajar. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tahap-tahap dan metode penyajian layanan bimbingan klasikal yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sewon. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumetasi. Subyek penelitian ini adalah Siswa kelas IX dan Guru Bimbingan dan Konseling. Sedangkan obyek penelitian adalah tahap-tahap dan metode layanan bimbingan klasikal yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX. Analisis data mengggunakan metode deskripsif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 tahap-tahap dan 2 metode layanan bimbingan klasikal. 5 tahap-tahap layanan bimbingan klasikal adalah perencanaan kegiatan, pengorganisasian, pelaksanaan, mentoring dan penilaian, dan tindak lanjut. Sedangkan metode layanan bimbingan klasikal adalah ceramah bimbingan dan diskusi kelompok. Beberapa tahap-tahap dan metode tersebut digunakan oleh guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S. Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Klasikal, Motivasi Belajar
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Nov 2018 11:29
Last Modified: 15 Nov 2018 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31533

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum