PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 6 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NUR YUNIANTO, NIM. 14220063 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 6 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 6 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
14220063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 6 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
14220063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NUR YUNIANTO, 14220063, Pengembangan Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Sosial Pada Siswa Kelas VIII MTs N 6 Sleman. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Sikap peduli sosial adalah sikap yang selalu ingin memberi pertolongan kepada orang lain maupun masyarakat dan berupaya peka terhadap lingkungan sosialnya. Pada kenyataannya masih ditemukan beberapa siswa yang belum mengimplementasikan tentang sikap peduli sosial. Penelitian ini untuk mengembangkan permainan monopoli "Peduli Sosial" guna meningkatkan sikap peduli sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) yaitu penelitian dan pengembangan yang hasil akhirnya menghasilkan sebuah produk yaitu monopoli peduli sosial. Model pengembangan menggunakan langkah-langkah dari Sugiyono. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 6 Sleman, pemilihan subjek dilakukan secara acak/random. Pengumpulan data memakai instrumen tes dan lembar pengamatan. Metode yang dilakukan adalah menganalisis potensi dan masalah, mengumpulkan data, validasi desain produk (ahli media, materi, layanan BK), revisi hasil validasi desain, uji coba produk terbatas (10 subyek), revisi uji coba produk terbatas, uji coba pemakaian (32 subyek), revisi uji coba pemakaian kemudian menjadi produk akhir, serta diuji efektivitasnya. Penelitian ini menghasilkan produk yaitu sebuah permainan monopoli tentang sikap peduli sosial. Dengan Nilai keseluruhan dari permainan monopoli "peduli sosial" memperoleh nilai 89,44 dengan kriteria sangat baik. Hasil dari perolehan uji efektivitas permainan monopoli "peduli sosial" menunjukkan adanya peningkatan dengan rata-rata skor pretest 131,16 dan rata-rata skor posttest 137,78 dengan selisih sebesar 6,62. Kemudian, berdasarkan perhitungan rumus t-test diperoleh t sebesar 19,07 dan merujuk pada distribusi k0 t diperoleh perbandingan t0,05 t0,01 t yaitu 2,04 2,74 19,07. Dari keseluruhan maka permainan monopoli tentang sikap peduli sosial yang telah dikembangkan termasuk layak untuk digunakan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. HJ. Casmini, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sikap Peduli Sosial, Pengembangan Permainan Monopoli
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Nov 2018 12:02
Last Modified: 15 Nov 2018 12:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum