KORELASI MINAT TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MTsN LABORATORIUM IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

AGUS SALIM, NIM. 99424341 (2003) KORELASI MINAT TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MTsN LABORATORIUM IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KORELASI MINAT TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MTsN LABORATORIUM IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KORELASI MINAT TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MTsN LABORATORIUM IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dewasa ini, pelajaran Bahasa Arab memang sudah mendapat perhatian khusus karena Bahasa Arab sudah disejajarkan dengan bahasa asing lainnya seperti Bahasa Inggris. Namun begitu, bukan berarti pengajaran Bahasa Arab tidak mengalami hambatan. Banyak factor yang mempengaruhi keberhasilan pengajaran dan belajar Bahasa Arab, antara lain adanya tujuan yang jelas, pendidik yang profesional, alat peraga yang memadai dan sikap subyek didik atau minat peserta didik untuk mempelajari Bahasa Arab. Skripsi ini mengkaji tentang minat belajar terhadap mata pelajaran Bahasa Arab siswa MTsN Laboratorium IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, bagaimana prestasi belajar mereka dan sejauh mana korelasi minat terhadap mata pelajaran Bahasa Arab dengan prestasi belajar Bahasa Arab siswa MTsN Laboratorium IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hipotesa yang penulis ajukan adalah adanya korelasi positif antara minat terhadap mata pelajaran Bahasa Arab dengan prestasi belajar Bahasa Arab siswa MTsN Laboratorium IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan sebagai subyek penelitiannya adalah semua pihak yang terlibat dalam proses belajar mengajar di MTsN Laboratorium IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penentuan subyek dilakukan dengan teknik populasi dan teknik sampel. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, kuesioner/angket, dokumentasi dan metode interview. Adapun analisa data dilakukan menggunakan metode analisa data kualitatif dan analisa statistic atau analisa data kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan pertama, bahwa minat belajar siswa MTsN Laboratorium IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terhadap mata pelajaran Bahasa Arab adalah cukup, yaitu dengan harga rata-rata sebesar 2,003. Kedua, prestasi belajar Bahasa Arab siswa MTsN Laboratorium IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menunjukkan hasil yang cukup pula, yaitu dengan harga rata-rata sebesar 6,4. Ketiga, ada korelasi yang signifikan antara minat terhadap pelajaran Bahasa Arab dengan prestasi belajar Bahasa Arab siswa MTsN Laboratorium IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, karena harga koofesien “r” Product moment penelitian sebesar 0,698, di mana angka ini lebih besar dari harga kritis dari table baik pada taraf signifikan 5%, maupun taraf signifikan 1% yang besarnya masing-masing 0,254 dan 0,330.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Zaenal Arifin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, pelajaran Bahasa Arab, teori Product moment
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 16 Nov 2018 16:14
Last Modified: 16 Nov 2018 16:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31575

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum