SENI MENDIDIK ORANG TUA TRHADAP ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN SYEIKH MUHAMMAD SAID MURSI DALAM BUKU SENI MENDIDIK ANAK)

AMANAH IBNI TSALASA, NIM. 02471309-01 (2006) SENI MENDIDIK ORANG TUA TRHADAP ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN SYEIKH MUHAMMAD SAID MURSI DALAM BUKU SENI MENDIDIK ANAK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SENI MENDIDIK ORANG TUA TRHADAP ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN SYEIKH MUHAMMAD SAID MURSI DALAM BUKU SENI MENDIDIK ANAK))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (728kB) | Preview
[img] Text (SENI MENDIDIK ORANG TUA TRHADAP ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN SYEIKH MUHAMMAD SAID MURSI DALAM BUKU SENI MENDIDIK ANAK))
BAB II, III IV, .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (728kB)

Abstract

Peran orang tua dalam mendidik anak sehingga anak menjadi pribadi yang salih itu sangan signifikan. Melalui tangan orang tualah pendidikan pertama dan utama anak. Sebagai pendidik dan pengasuh yang pertama dan utama, orang tua haruslah dapat meletakkan dasar-dasar pendidikan Islam secara kuat ketika anak masih berusia dini. Tentunya dalam pola pendidikan dan pengasuhan anak, orang tua mempunya trik dan seni yang berbeda-beda. Kajian dalam skripsi ini lebih difokuskan kepada bagaimanakah konsep seni mendidik anak menurut Syeikh Muhammad Said Nursi dan bagaimanakah konsep seni mendidik anak dalam perspektif Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sebagai sumber data, penulis menggunakan sumber data primer yaitu buku yang berjudul “Seni Mendidik Anak” jilid 1 dan 2 karya Syeikh Muhammad Said Nursi serta buku yang berjudul: Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan karya Hasan Langgulung. Sebagai data sekunder, penulis banyak menggunakan buku-buku yang terkait dengan masalah mendidik anak. Dalam mengolah dan menganalisa data, penulis menggunakan langkah-langkah: mendeskripsi data, menginterpretasi data, mengkomparasi atau membandingkan data serta mengambil kesimpulan. Salah satu teori yang penulis gunakan adalah teori Hurlock tentang jenis pola asuh orang tua terhadap anak, yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratik dan pola asuh permisif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: 1. Konsep Said Mursi tentang seni mendidik anak pada dasarnya bertujuan untuk menunaikan tanggung jawab orang tua terhadap amanat Allah SWT. Mendidik anak merupakan sodaqoh jariyah. Mendidik anak bertujuan untuk melindungi diri dan keluarga dari api neraka, membentuk anak salih, mewarnai masyarakat dengan warna Islami yang benar, melindungi anak dari pemikiran yang merusak dan bertujuan mengenali bakat anak untuk mengembangkannya. 2. Dalam perspektif pendidikan Islam, mendidik anak adalah proses yang berlangsung secara kontinyu atau berkesinambungan untuk merubah individu menjadi pribadi yang sempurna. 3. Seni mendidik anak dalam perspektif Islam berimplikasisignifikan terhadap perkembangan jasmani anak, perkembangan ruhani, perkembangan social dan perkembangan akal anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nurohmah
Uncontrolled Keywords: pendidikan anak, pendidikan Islam, Muhammad Said Mursi
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 16 Nov 2018 16:15
Last Modified: 16 Nov 2018 16:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31579

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum