TAHAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM PROSES REHABILITASI PECANDU NARKOBA DI PADEPOKAN TAHFIDZUL QUR’AN IBNU RUSYDI JOMBANG

M Azhari, NIM 14210007 (2018) TAHAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM PROSES REHABILITASI PECANDU NARKOBA DI PADEPOKAN TAHFIDZUL QUR’AN IBNU RUSYDI JOMBANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TAHAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM PROSES REHABILITASI PECANDU NARKOBA DI PADEPOKAN TAHFIDZUL QUR’AN IBNU RUSYDI JOMBANG)
14210007_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TAHAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM PROSES REHABILITASI PECANDU NARKOBA DI PADEPOKAN TAHFIDZUL QUR’AN IBNU RUSYDI JOMBANG)
14210007_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan karena semakin meningkatnya peredaran narkoba saat ini, ditunjukkan dengan pemberitaan baik di media cetak maupun elektronik dimana kasus narkoba makin meningkat dan menyerang masyarakat usia produktif. Rehabilitasi merupakan prosedur dimana seorang pecandu narkoba menjalani program penyembuhan untuk mengubah perilaku pemakaian, pola hidup dan dampak buruk dari narkoba yang telah dikonsumsinya. Strategi komunikasi merupakan cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan narkoba ini. Komunikasi Terapeutik adalah komunikasi yang digunakan oleh tenaga ahli dalam tujuan penyembuhan seorang pasien. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Komunikasi Terapeutik yang digunakan dalam penyembuhan pasien pecandu narkoba di Padepokan Tahfidzul Qur’an Ibnu Rusydi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tradisi fenomenologi. Subyek eks-pengguna narkoba yang ada di Padepokan Tahfidzul Qur’an Ibnu Rusydi. Subyek dipilih secara purposif dengan kriteria tertentu dan kesiapannya. Data berupa pernyataan dan perilaku komunikasi yang ditemukan melalui wawancara mendalam, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Terapeutik telah terlakasana di Padepokam Tahfidzul Qur’an Ibnu Rusydi. Komunikasi Terapeutik tersebut berupa empat tahap : tahap pra-interaksi, tahap orientasi, tahap kerja, dan tahap terminasi. Peneliti menemukan kesadaran pelaku narkoba yaitu kesadaran medis dan spiritual melalui keempat tahapan tersebut. Kata kunci : komunikasi terapeutik, pecandu narkoba, proses rehabilitasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khoiro Ummatin, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: komunikasi terapeutik, pecandu narkoba, proses rehabilitasi
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Nov 2018 14:51
Last Modified: 23 Nov 2018 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31646

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum