UJI ANTAGONIS MIKROBA ENDOFIT DAUN SIRIH (PIPER BETLE L.) DAN DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L) TERHADAP COLLETOTRICHUM CAPSICI PENYEBAB PENYAKIT ANTRAKNOSA PADA CABAI

JENG SARI DEWI, NIM. 11640013 (2018) UJI ANTAGONIS MIKROBA ENDOFIT DAUN SIRIH (PIPER BETLE L.) DAN DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L) TERHADAP COLLETOTRICHUM CAPSICI PENYEBAB PENYAKIT ANTRAKNOSA PADA CABAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UJI ANTAGONIS MIKROBA ENDOFIT DAUN SIRIH (PIPER BETLE L.) DAN DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L) TERHADAP COLLETOTRICHUM CAPSICI PENYEBAB PENYAKIT ANTRAKNOSA PADA CABAI)
11640013_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UJI ANTAGONIS MIKROBA ENDOFIT DAUN SIRIH (PIPER BETLE L.) DAN DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L) TERHADAP COLLETOTRICHUM CAPSICI PENYEBAB PENYAKIT ANTRAKNOSA PADA CABAI)
11640013_BAB II_S.D.SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tanaman cabai merupakan tanaman semusim yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Salah satu kendala utama dalam produksi tanaman cabai adalah serangan penyakit antraknosa yang disebabkan oleh infeksi jamur Colletotrichum sp. dan Gleosporium sp.Pengendalian penyakit antraknosa menggunakan fungisida memiliki dampak negatif seperti menyebabkan pencemaran lingkungan dan kekebalan penyebab penyakit terhadap fungisida. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pengendalian penyakit antraknosa adalah penggunaan mikroba endofit. Mikroba endofit merupakan mikroba yang tumbuh dalam jaringan tanaman pada periode tertentu dan mampu hidup dengan membentuk koloni dalam jaringan tanaman tanpa membahayakan inangnya Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan antagonistis mikroba endofit dari daun sirih (Piper betle L.) dan daun papaya (Carica papaya L.) terhadap jamur Colletotrichum capsici penyebab penyakit antraknosa pada cabai. Kemampuan antagonistik mikroba endofit terhadap jamur patogen ditunjukkan dengan tebentuknya zona bening pada media uji. Mikroba endofit yang berhasil diisolasi dari dari daun sirih (Piper bettle L.) sebanyak 2 isolat jamur endofit dan 6 isolat bakteri endofit. Hasil uji antagonis memperlihatkan bahwa 1 isolat bakteri endofit yakni isolat S6 dapat menghambat pertumbuhan jamur Colletotrichum capsici. Mikroba endofit yang berhasil diisolasi dari dari daun pepaya (Carica papaya L.) sebanyak 2 isolat jamur endofit dan 3 isolat bekteri endofit. Hasil uji antagonis memperlihatkan bahwa 1 isolat bakteri endofit yakni isolat P2 dan 1 isolat jamur endofit yakni isolat P42 dapat menghambat pertumbuhan jamur Colletotrichum capsici.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Arifah Khusnuryani, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Antraknosa, Colletotrichum capsici, mikroba endofit
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Nov 2018 08:52
Last Modified: 26 Nov 2018 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31662

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum