STUDI PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI SALURAN PENCERNAAN LABILABI (AMYDA CARTILAGINEA BODDAERT, 1770) DAN KURAKURA TELINGA MERAH (TRACHEMYS SCRIPTA ELEGANS WID-NUWIED, 1839)

AHMAD KURNIAWAN, NIM. 12640019 (2018) STUDI PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI SALURAN PENCERNAAN LABILABI (AMYDA CARTILAGINEA BODDAERT, 1770) DAN KURAKURA TELINGA MERAH (TRACHEMYS SCRIPTA ELEGANS WID-NUWIED, 1839). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI SALURAN PENCERNAAN LABILABI (AMYDA CARTILAGINEA BODDAERT, 1770) DAN KURAKURA TELINGA MERAH (TRACHEMYS SCRIPTA ELEGANS WID-NUWIED, 1839))
12640019_BAB_I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI SALURAN PENCERNAAN LABILABI (AMYDA CARTILAGINEA BODDAERT, 1770) DAN KURAKURA TELINGA MERAH (TRACHEMYS SCRIPTA ELEGANS WID-NUWIED, 1839))
12640019_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Labi-labi (Amyda cartilaginea) dan kura-kura telinga merah (Trachemys scripta elegans) merupakan satwa yang mempunyai habitat makan yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini mengetahui perbandingan struktur anatomi dan histologi saluran pencernaan labi-labi dan kura-kura telinga merah. Penelitian ini menggunakan teknik bedah pada pengamatan aspek anatomi dan metode parafin dengan pewarnaan Hematoksilin-Eosin untuk aspek histologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara anatomi, saluran pencernaan labi-labi dan kura-kura telinga merah mempunyai panjang yang relatif sama, kecuali usus halus dan usus besar yang mempunyai panjang berbeda dengan selisih masing-masing 14 dan 5 cm, sedangkan secara histologi perbedaan tebal tunika yang cukup jauh antara labi-labi dan kura-kura telinga merah terjadi pada tunika submukosa dan muskularis eksterna pada esofagus, tunika mukosa pada usus halus, tunika submukosa pada usus besar dan tunika serosa pada kloaka. Pada kura-kura telinga merah tunika muskularis eksterna pada usus halus dan usus besar mempunyai ketebalan tunika yang relatif lebih tebal dengan selisih sekitar sekitar 157,5 μm dan 104,8 μm, sedangkan pada tunika mukosa dan submukosa kloaka ketebalnya hampir mencapai setengah dari ketebalan tunika mukosa dan submukosa pada kloaka labi-labi. Kesimpulanya bahwa secara anatomi, esofagus, lambung, usus halus, usus besar dan kloaka labilabi dan kura-kura telinga merah mempunyai struktur, bentuk dan ukuran yang relatif sama kecuali morfometri pada usus halus dan usus besar serta warna organ yang berbeda. Secara histologi, labi-labi dan kura-kura telinga merah mempunyai struktur yang sama, tetapi ketebalan t. mukosa, t. submukosa, t. muskularis eksterna dan t. serosa berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Ja’far Luthfi, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Anatomi, Histologi, Kura-kura telinga merah (Trachemys scripta elegans), Labi-labi (Amyda cartilaginea), Saluran Pencernaan
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Nov 2018 09:00
Last Modified: 26 Nov 2018 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31666

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum