PERAN LEMBAGA OMBUDSMAN (LO) DIY DALAM PENANGANAN PENGADUAN PUNGUTAN LIAR DI DIY PERIODE TAHUN 2016-2017

MUHAMMAD NURUSSALAM, NIM. 13340090 (2018) PERAN LEMBAGA OMBUDSMAN (LO) DIY DALAM PENANGANAN PENGADUAN PUNGUTAN LIAR DI DIY PERIODE TAHUN 2016-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN LEMBAGA OMBUDSMAN (LO) DIY DALAM PENANGANAN PENGADUAN PUNGUTAN LIAR DI DIY PERIODE TAHUN 2016-2017)
13340090_BAB-1_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN LEMBAGA OMBUDSMAN (LO) DIY DALAM PENANGANAN PENGADUAN PUNGUTAN LIAR DI DIY PERIODE TAHUN 2016-2017)
13340090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Amanah Undang-Undang 1945 pada alinea ke-4 tentang aspek pelayanan pokok aparatur terhadap masyarakat sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Hal ini diperjelas dalam Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang menjamin hak masyarakat atas pelayanan publik yang baik. Namun faktanya, di lapangan banyak pelayanan publik yang berlawanan dengan pelayanan yang semestinya diberikan atau disebut sebagai praktik maladministrasi. Pungutan liar juga tak luput termasuk dalam maladministrasi barang dan jasa. Pungutan liar tidak hanya ada di satu sektor melainkan menjamur dan bahkan setiap sektor terjangkit pungutan liar. Pemerintah dalam hal ini berkewajiban untuk menangani praktik maladminisrasi, termasuk pungutan liar. Salah satu bentuk penanganan dan pengawasan pemerintah dalam hal ini adalah mendirikan Lembaga Negara yang independen yang bertugas mengawasi dan mengawal jalannya penyelenggara publik. Dalam rangka mengawasi kinerja birokrasi di daerah, didirikanlah Lembaga Ombudsman daerah. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui peran Lembaga Ombudsman (LO) DIY dalam penanganan pengaduan pungutan liar di DIY serta faktor apa yang mempengaruhi kinerja LO DIY dalam penanganan pungutan liar sehingga diharapkan dapat terwujud pelayanan publik yang berkualitas dengan harapan dapat mengurangi praktik pungutan liar yang serimng terjadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, di mana data-data yang disampaikan bersumber dari temuan di lapangan. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan sosiologi,yaitu melihat bagaimana hukum yang berlaku di masyarakat. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Dalam metode pengumpulan data penyusun menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan LO DIY sangat membantu masyarakat dalam menangani kasus yang dilaporkan terkait pungutan liar. Perannya sebagai pengawas pelayanan publik menjadikan LO DIY sebagai wadah pengaduan masyarakat atas penyimpangan tindakan administrasi yang dilakukan pejabat publik. Dalam hal pengawasan, LO DIY bersinergi dengan ORI, ASN, APIP, BPK, dan Tim Satgas Saber Pungli. Eksistensi LO DIY tidak lain untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggara pemerintahan daerah dan swasta yang baik, bersih dan bebas dari praktik Kolusi, Korupsi dan Nepotisme. Dalam hal penanganan pungutan liar, kendala yang dihadapi LO DIY, yaitu pembuktian yang sulit dan kurannya kesadaran masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. BUDI RUHIATUDIN, S.H., M.Hum. 2. UDIYO BASUKI, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Pungutan Liar, dan LO DIY
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Nov 2018 07:42
Last Modified: 27 Nov 2018 07:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31709

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum