PESAN PERSATUAN INDONESIA DALAM STAND UP COMEDY PANDJI PRAGIWAKSONO (KAJIAN STAND UP SPESIAL MESAKKE BANGSAKU)

A’ yun M asfupah, NIM. 11210011 (2018) PESAN PERSATUAN INDONESIA DALAM STAND UP COMEDY PANDJI PRAGIWAKSONO (KAJIAN STAND UP SPESIAL MESAKKE BANGSAKU). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PESAN PERSATUAN INDONESIA DALAM STAND UP COMEDY PANDJI PRAGIWAKSONO (KAJIAN STAND UP SPESIAL MESAKKE BANGSAKU))
11210011_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PESAN PERSATUAN INDONESIA DALAM STAND UP COMEDY PANDJI PRAGIWAKSONO (KAJIAN STAND UP SPESIAL MESAKKE BANGSAKU))
11210011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (759kB)

Abstract

Mengacu dari fungsi komunikasi sebagai sarana hiburan, salah satu implementasi nyata dari fungsi tersebut yaitu pertunjukan Stand Up Comedy. Peneliti tertarik untuk memilih materi persatuan Indonesia yang dibawakan oleh Pandji Pragiwaksono pada pertunjukan Mesakke Bangsaku sebagai bahan penelitian karena dalam pertunjukan tersebut Pandji membicarakan tentang keadaan Indonesia saat ini, kontribusi yang bisa dilakukan sebagai rakyat Indonesia, dan pentingnya persatuan antar golongan. Dalam penelitian ini, penulis mengkaji dengan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dengan analisis semiotik. Adapun teknik analisis semiotik yang digunakan adalah semiotik Roland Barthes. Berdasarkan temuan data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peneliti menemukan 7 materi dari 14 chapter dalam Stand Up Comedy Mesakke bangsaku yang sesuai dengan prinsip-prinsip persatuan Indonesia yang berdasarkan pancasila. Ada 5 prinsip persatuan Indonesia, satu kesatuan sejarah disini Pandji Pragiwaksono membahas tentang masyarakat diffable di Indonesia dan masyarakat tionghoa yang menjadi masyarakat minoritas di Indonesia. Dua kesatuan nasib, disini peneliti tidak menemukan materi yang berkaitan dengan prinsip kesatuan nasib sehingga tidak dapat menyimpulkan hasil penelitian. Tiga adalah kesatuan wilayah, membahas tentang pemahaman politik untuk menentukan calon pemimpin dan penegakan hukum di Indonesia. Empat adalah kesatuan budaya, Pandji membahas tentang pentingnya sistem pendidikan yang baik demi memajukan bangsa. Setiap anak layak mendapatkan pendidikan yang baik. Lima adalah kesatuan asas kerokhanian, Pandji menyadari bahwa persatuan umat beragama sangat mungkin terjadi di Indonesia. Semua pesan di atas tersebar di awal, di tengah maupun di akhir pertunjukan Stand Up Comedy Mesakke Bangsaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Evi Septiani Tavip Hayati, M.Si
Uncontrolled Keywords: pesan persatuan Indonesia, Stand Up Comedy, Roland Barthes
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Jan 2019 13:16
Last Modified: 10 Jan 2019 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31735

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum