PERJUANGAN RAKYAT DESA KARANGJUNTI KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN TAHUN 1945-1947

Abdullah Fatih Nur, NIM.11120090 (2018) PERJUANGAN RAKYAT DESA KARANGJUNTI KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN TAHUN 1945-1947. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PERJUANGAN RAKYAT DESA KARANGJUNTI KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN TAHUN 1945-1947)
11120090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (PERJUANGAN RAKYAT DESA KARANGJUNTI KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN TAHUN 1945-1947)
11120090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penderitaan yang dialami rakyat Indonesia akibat dari penjajahan, membangkitkan semangat perjuangan seluruh masyarakat baik dari kalangan atas maupun kalangan masyarakat bawah untuk bersatu melawan penjajah. Ketika Belanda kembali melakukan agresinya di Indonesia khususnya di Cirebon dan Brebes, Desa Karangjunti menjadi salah satu basis tempat perlawanan dari beberapa laskar perjuangan seperti Hizbullah, Sabilillah dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Kondisi letak desa yang strategis membuat pimpinan dari beberapa laskar perjuangan menempatkan Karangjunti menjadi pusat komando guna melakukan perlawanan secara gerilya. Karangjunti mempunyai sebutan sendiri oleh masyarakat luas pada masa kemerdekaan, yaitu birayu. Hal ini dikarnakan adanya pembantaian yang dialami penduduk Karangjunti oleh Belanda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sejarah rakyat Karangjunti dalam melakukan perlawanan terhadap Belanda dan juga kiprah masyarakat Desa Karangjunti dalam mempertahankan kemerdekaan RI di Jawa pada tahun 1945-1947. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah, dengan menggunakan metode historis. Metode hitoris adalah suatu proses menguji dan menganalisis secara kritis dan sistematis guna menemukan data yang tepat. Dalam pembahasan permasalahan, penulis menggunakan teori konflik dan menggunakan pendekatan sosiologis dan politik. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kiprah masyarakat Desa Karangjunti dalam mempertahankan kemerdekaan, mempunyai keterkaitan di berbagai peristiwa seperti: peristiwa di Surabaya, Linggarjati dan Peristiwa di Karangjunti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Mundzirin Yusuf, M.Si
Uncontrolled Keywords: Perjuangan, Karangjunti, Mempertahankan Kemerdekaan
Subjects: Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 29 Nov 2018 14:14
Last Modified: 29 Nov 2018 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31751

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum