MANAJEMEN PELAYANAN CALON JAMAAH HAJI PADA BIRO TRAVEL AL-HIJRAH WILAYAH PATTANI SELATAN 2016-2017

Mr. Muhammadhanif Ma, NIM. 13240115 (2018) MANAJEMEN PELAYANAN CALON JAMAAH HAJI PADA BIRO TRAVEL AL-HIJRAH WILAYAH PATTANI SELATAN 2016-2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN CALON JAMAAH HAJI PADA BIRO TRAVEL AL-HIJRAH WILAYAH PATTANI SELATAN 2016-2017)
13240115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN CALON JAMAAH HAJI PADA BIRO TRAVEL AL-HIJRAH WILAYAH PATTANI SELATAN 2016-2017)
13240115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (700kB)

Abstract

Haji merupakan ibadah yang wajib ditunaikan oleh setiap muslim yang mampu hanya sekali seumur hidup. Namun tetap saja haji menjadi idaman setiap muslim sehingga jumlah jamaah haji semakin bertambah. Kegiatan ibadah haji dan umrah mempunyai dua sisi penting yang harus diperhatikan dalam pelaksanaannya yaitu, standar pelaksanaanya saat masih di tanah air dan ketika tiba di Mekkah. Dengan sistem pelayanan yang memuaskan dan terkenal di patani selatan, biro travel perjalanan haji dan umrah al-Hijrah & Travel menjadi pilihan yang cukup baik bagi para calon jamaah haji dan umrah dalam menjalankan ibadahnya ke tanah suci. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk uji validitas data peneliti menggunakan metode triangulasi sumber data. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa manajemen pelayanan calon jamaah haji di Al-hijrah dapat dikatakan sudah berjalan baik sesuai dengan observasi dan wawancara yang dilakukan.Al-hijrah & Travel Ltd. menerapkan manajemen pelayanannya berdasarkan SOP yang sudah dibuat sebelumnya. SOP ini harus dipenuhi dan dilaksanakan oleh semua orang di perusahaan tersebut. Lebih lanjut pelayanan tersebut mencakup mekanisme dan bentuk bentuk pelayanan yang harus dilakukan, pemastian kualitas produk melalui quality control dan juga koordinasi baik dengan pihak internal dan eksternal perusahaan. Perealisasian pelayanan kepada calon jamaah juga dilakukan dengan baik berdasarkan empat bentuk yaitu komunikasi, kecerdasan dalam pelayanan, penyediaan produk yang bervariasi, dan juga usaha dalam mempertahankan kredibilitas perusahaan melalui pelayanan yang baik kepada pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan, Calon Jamaah Haji, Al-hijrah & Travel
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Dec 2018 13:52
Last Modified: 03 Dec 2018 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31782

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum