IMPLEMENTASI PRINSIP AMANAH PADA KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG YOGYAKARTA TAHUN 2017

SENDY LISTYA WULANDARI, NIM. 14240028 (2018) IMPLEMENTASI PRINSIP AMANAH PADA KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG YOGYAKARTA TAHUN 2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PRINSIP AMANAH PADA KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG YOGYAKARTA TAHUN 2017)
14240028_BAB I_IV_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PRINSIP AMANAH PADA KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG YOGYAKARTA TAHUN 2017)
14240028_BAB II SAMPAI BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (687kB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu kunci untuk keberhasilan pada suatu instansi. Pegawai berperan sebagai penggerak instansi dituntut untuk mempunyai kinerja yang tinggi untuk mendukung suksesnya instansi. Dalam instansi terdapat unsur moral dalam penerapan kinerja. Unsur moral itu adalah prinisp amanah. Prinsip amanah adalah suatu prinsip yang bersifat humanis- transenden. Humanis diartikan hubungan antar sesama manusia dan transenden diartikan hubungan manusia dengan Tuhan-Nya. Prinisp inilah yang dijadikan pedoman dalam pada kinerja Aparatur Sipil Negara dalam setiap pelaksanaan pekerjaan. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Yogyakarta pada pelaksanaan kinerjanya tentu menerapkan prinsip amanah, karena instansi tersebut memegang teguh amanah dari negara untuk melayani stakeholder dan mengelola kekayaan negara termasuk aset negara di dalamnya. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Yogyakarta merupakan sebuah lembaga kekayaan Unit Kerja vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Kekayaan yang berada di bawah Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan D. I. Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi prinsip amanah pada kinerja Aparatur Sipil Negara di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Yogyakarta. Rumusan masalah penelitian ini yakni bagaimana implementasi prinsip amanah pada kinerja Aparatur Sipil Negara di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini bersifat diskriptif kualitatif. Uji kredibilitas yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Yogyakarta telah menerapkankan prinsip amanah hal tersebut dibuktikan dari hasil pengukuran kinerja melalui aplikasi e-performance yang tersaji menjadi data dalam bentuk Nilai Kinerja Organisasi (NKO) menunjukkan hasil rata-rata indikator pengukuran amanah pada kinerja Aparatur Sipil Negara pada indikator tanggung jawab sebanyak 109,60%, tepat janji sebanyak 103,22%, dan transparan sebanyak 110,40%. Berdasarkan presentase tersebut sehingga hasilnya dapat dikatakan sangat baik karena melebihi 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Siti Fatimah, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Implementasi Prinsip Amanah, Kinerja Aparatur Sipil Negara
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Dec 2018 09:09
Last Modified: 04 Dec 2018 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31800

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum