PENGARUH METODE TOKEN ECONOMY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III B MI MA’ARIF GIRILOYO 2

DINA AYU FADZILA, NIM. 14480036 (2018) PENGARUH METODE TOKEN ECONOMY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III B MI MA’ARIF GIRILOYO 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE TOKEN ECONOMY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III B MI MA’ARIF GIRILOYO 2)
14480036_BAB I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE TOKEN ECONOMY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III B MI MA’ARIF GIRILOYO 2)
14480036_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dina Ayu Fadzila (14480036). Pengaruh Metode Token Economy terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh metode token economy terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2. 2) sumbangan pengaruh metode token economy terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2. Variabel yang diukur yaitu token economy bentuk observasi behavior checklist dan motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2, penelitian ini termasuk penelitian populasi karena hanya terdapat satu kelas eksperimen. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh antara penggunaan metode token economy terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2 yang ditunjukkan dengan nilai P sebesar 0,036 dan 0,001 atau P 0,05. Dan 2) sumbangan pengaruh metode token economy terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III B MI Ma’arif Giriloyo 2 sebesar 0,484 atau 48,4% ditunjukkan dalam kolom R square (R2). Sedangkan sisanya sebesar 51,6 % disebabkan oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd. Si
Uncontrolled Keywords: Metode Token Economy, Motivasi Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Dec 2018 11:10
Last Modified: 04 Dec 2018 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31814

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum