UPAYA PEMBENTUKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS V MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MIN 1 YOGYAKARTA

VONY WIJAYANTI, NIM. 14480098 (2018) UPAYA PEMBENTUKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS V MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MIN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEMBENTUKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS V MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MIN 1 YOGYAKARTA)
14480098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEMBENTUKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS V MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MIN 1 YOGYAKARTA)
14480098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Vony Wijayanti, "Upaya Pembentukan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas V Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MIN 1 Yogyakarta". Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Percaya diri merupakan kunci segala keberhasilan, seseorang tidak akan berhasil melakukan segala hal tanpa memiliki rasa percaya diri. Menjadi pribadi yang percaya diri akan memudahkan seseorang dalam menjalani hidup. Karena percaya diri mampu memberikan energi positif dalam diri seseorang. Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Yogyakarta peneliti menemukan banyak anak kurang percaya diri. Pendidikan karakter kurikulum 2013 belum maksimal dapat diterapkan didalam pembelajaran sehingga masih perlu usaha dari berbagai pihak untuk pembentukan karakter peserta didik. Gerakan Pramuka dapat menjadi solusi untuk mendampingi pendidikan formal di sekolah dalam menumbuhkan karakter peserta didik sehingga menjadi manusia yang percaya diri. Penelitian ini mengkaji: (1) upaya pembina pramuka dalam pembentukan kepercayaan diri peserta didik. (2) ciri-ciri percaya diri peserta didik yang muncul dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. (3) faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pembentukan kepercayaan diri peserta didik di MIN 1 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif metode deskriptif dan berlokasi di MIN 1 Yogyakarta Jalan Mendungwarih No 149 A, Desa Mendungan Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Metode penelitian ini meliputi : metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Analisis data: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, Upaya pembina membentuk percaya diri pramuka penggalang yaitu: Hasil penelitian menunjukan upaya pembina untuk membentuk percaya diri peserta didik penggalang sebagai berikut: a. Pembina berperan sebagai orang tua, b. Pembina berperan sebagai guru, c. Pembina berperan sebagai kakak, d. Pembina berperan sebagai konsultan, e. Pembina berperan sebagai motivator. Kedua, Sistem Among yang digunakan pembina dalam pembentukan percaya diri peserta didik sebagai berikut: a. Memberikan kegiatan yang menantang sesuai usia pramuka penggalang, b. Memberikan kegiatan yang mengacu kedisiplinan, c. Menegakan pemberian reward, d. Memaksimalkan regu sebagai pusat pembelajaran peserta didik, e. Kegiatan yang menarik dalam kepramukaan selalu berbasis pendidikan karakter dan salah satunya adalah percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M. Pd. Si.
Uncontrolled Keywords: Upaya Pembina, Ektrakurikuler Pramuka, Percaya Diri, Sistem Among
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Dec 2018 09:25
Last Modified: 06 Dec 2018 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31870

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum