UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS V B DI MI SANANUL ULA PIYUNGAN

YULI SETIAWATI, NIM. 14480099 (2018) UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS V B DI MI SANANUL ULA PIYUNGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS V B DI MI SANANUL ULA PIYUNGAN)
14480099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS V B DI MI SANANUL ULA PIYUNGAN)
14480099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Yuli Setiawati. 2018. Upaya Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat pada Pembelajaran Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V B di MI Sananul Ula Piyungan. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru bahasa Arab dalam meningkatkan penguasaan mufrodat peserta didik kelas V B di MI Sananul Ula Piyungan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi guru bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi, yang menggabungkan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitiannya yaitu Guru bahasa Arab kelas V MI Sananul Ula Piyungan dan peserta didik kelas V B MI Sananul Ula Piyungan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam upaya meningkatkan penguasaan mufrodat pada pembelajaran bahasa Arab, upaya yang dilakukan Guru bahasa Arab adalah menjelaskan tujuan pembelajaran ke peserta didik, menggunakan metode yang bervariasi yaitu metode membaca (reading method), metode mim-mem meniru dan menghafal (mim-mem method), dan metode translasi/terjemah (translation method), menciptakan suasana tidak tegang dalam proses pembelajaran dan memotivasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’annya. Untuk hasil peningkatan penguasaan mufrodat peserta didik setalah dilakukan uji gain ternormalisasi menunjukkan hasil peningkatan dengan kategori rendah. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi guru bahasa Arab adalah upaya guru menjadi guru profesional yang harus memenuhi empat kompetensi yaitu, kompetensi pedagogik, kompetensi personal, kompetensi profesional dan kompetensi sosial, guru bahasa Arab kelas V B di MI Sananul Ula Piyungan telah memenuhinya. Dan juga upaya dalam faktor yang mempengaruhi kinerja guru, yaitu kepribadian dan dedikasi, pengembangan profesi, kemampuan mengajar, antar hubungan dan komunikasi, hubungan dengan masyarakat, kesejahteraan dan iklim kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nur Hidayat M.Ag
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Penguasaan Mufrodat, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Dec 2018 09:28
Last Modified: 06 Dec 2018 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31871

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum