PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PROGRAM MENTORING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEIMANAN DAN KETAKWAAN SISWA KELAS XI PUTRI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

TRI WAHYUNI SARI SR, NIM. 14410064 (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PROGRAM MENTORING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEIMANAN DAN KETAKWAAN SISWA KELAS XI PUTRI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PROGRAM MENTORING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEIMANAN DAN KETAKWAAN SISWA KELAS XI PUTRI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
14410064_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PROGRAM MENTORING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEIMANAN DAN KETAKWAAN SISWA KELAS XI PUTRI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
14410064_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

TRI WAHYUNI SARI S.R, Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam melalui Program Mentoring dan Implikasinya terhadap Keimanan Dan Ketakwaan Siswa Kelas XI Putri di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam membutuhkan suatu sarana yang dapat dijadikan sebagai program penunjang, karena pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang selama ini disampaikan di kelas lebih menekankan pada halhal yang bersifat kognitif. Oleh karena itu, program penunjang tersebut memberikan tambahan nilai-nilai Islam yang bersifat aplikatif sehingga internalisasi nilai yang diinginkan juga dapat dilaksanakan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan mentoring dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam kepada siswa kelas XI Putri di SMA Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta dan untuk mengetahui implikasi dari program mentoring terhadap keimanan dan ketakwaan siswa kelas XI Putri di SMA Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan psikologi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan tiga tahapan menurut Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menjelaskan terkait upaya-upaya dalam menanamkan nilai-nilai Agama Islam melalui program mentoring di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, adapun pelaksanaannya yaitu pembukaan, tilawah Al-Qur‟an, kultum, isu-isu aktual, penyampaian materi inti, tanya jawab dan diskusi, dan yang terakhir penutup. Selain kegiatan tersebut penanaman nilai-nilai Agama Islam juga dilakukan melalui berbagai kegiatan di luar kegiatan regular pada hari Jum‟at pukul 10.10-11.30 WIB yaitu program tatsqif, program jasharuhi, mentoring klasikal, mukhayam jasadiyah, mukhayam Al-Qur‟an. Program mentoring di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta dapat terimplementasikan dengan baik dalam keimanan dan ketakwaan siswa, hal tersebut dapat terlihat dari sikap dan perilaku siswa yang telah sesuai dengan indikator orang beriman dan bertakwa dalam Q.S Al-Mu‟minun:1-11 yaitu diantaranya adalah khusyuk dalam shalat, menghindari perkataan dan perbuatan yang tidak berguna, menunaikan zakat, menjaga kemaluan dari perbuatan keji (zina), dan menahan pandangan dan memelihara kemaluan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Program Mentoring, Keimanan dan Ketakwaan Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Dec 2018 10:05
Last Modified: 06 Dec 2018 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31879

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum