PERAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK PADA MASA PUBERTAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN

MASLIHATUN UMAMI, NIM. 14410068 (2018) PERAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK PADA MASA PUBERTAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK PADA MASA PUBERTAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN)
14410068_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (30MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK PADA MASA PUBERTAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALASAN)
14410068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Maslihatun Umami, Peran Guru Pendidilam Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak pada Masa Pubertas Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang masalah dalam penelitian ini yakni Akhlak mempunyai pengaruh besar terhadap individu manusia dan terhadap suatu bangsa. Ajaranajaran akhlak sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah saw dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang terdapat di beberapa ayat al-Qur‟an yang menjelaskan tentang akhlak mulia Rasulullah. Tantangan terbesar yang dialami siswa remaja saat ini adalah tantangan globalisasi. Salah satu yang terkena dampak dari globalisasi tersebut adalah remaja yang sedang memasuki masa pubertas. Secara sosial, seseorang yang sudah memasuki masa puber bertanggung jawab penuh terhadap perbuatan yang dilakukan sehingga memiliki tanggung jawab secara moral. Penelitian ini merupakan jenis penelitian filed research. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan tiga langkah utama dalam penelitian, yaitu: reduksi data, sajian data (display data), dan verifikasi (menyimpulkan data). Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PAI dalam pembinaan akhlak pada masa pubertas yaitu sebagai pembimbing bagi siswa, guru memposisikan dirinya sebagai orangtua yaitu penuh respek dan kasih sayang serta memberikan perlindungan. Selain itu juga peran guru PAI sebagai model (contoh) yang mampu tampil sebagai sosok figur yang pantas untuk diteladani dan menjadi panutan dihadapan siswa. Kemudian peran guru PAI juga sebagai pengawas yakni guru akan mengambil kontrol prilaku siswa dalam kehidupan sehari-sehari. Metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak siswa merupakan metode pembiasaan, metode cerita, dan metode keteladanan. Bentuk pembinaan akhlak di SMA Negeri 1 Kalasan adalah dengan membuat program-program kegiatan keagamaan yang berupa pembiasaan shalat dzuhur dan ashar wajib berjamaah, shalat dhuha berjamaah, shalat Jumat, pembiasaan kultum bagi siswa, pembiasaan tadarus Al-Quran, Jumat beramal atau infaq. Kegiatan lain yang merujuk pada pembinaan akhlak melalui pembiasaan menutup aurat bagi siswa perempuan, pembiasaan cara bergaul dengan lawan jenis, pembiasaan lingkungan bersih, pembiasaan sopan berbahasa yaitu 5S (Senyum Salam Sapa, Sopan, dan Santun).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MASLIHATUN UMAMI NIM. 14410068
Uncontrolled Keywords: Peran guru PAI, Ahkhlak siswa, Pubertas
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Dec 2018 10:09
Last Modified: 06 Dec 2018 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31882

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum