KAJIAN KEPUTRIAN ( FIQIH NISAA ) DAN PENGEMBANGAN SIKAP SISWI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA

VINA MIFTAHUL JANNAH, NIM. 14410070 (2018) KAJIAN KEPUTRIAN ( FIQIH NISAA ) DAN PENGEMBANGAN SIKAP SISWI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN KEPUTRIAN ( FIQIH NISAA ) DAN PENGEMBANGAN SIKAP SISWI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA)
14410070_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN KEPUTRIAN ( FIQIH NISAA ) DAN PENGEMBANGAN SIKAP SISWI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA)
14410070_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Vina Miftahul Jannah, Kajian Keputrian (Fiqih Nisaa) dan Pengembangan Sikap Siswi SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa masalah-masalah yang masih sering terjadi di lingkungan sekolah yaitu masih kurangnya kesadaran siswi untuk mengenakan pakaian dan jilbab sesuai dengan syariat Islam, mereka memakai jilbab hanya untuk mematuhi peraturan sekolah karena siswa masih menganggap jilbab adalah seragam sekolah yang harus dikenakan saat di sekolah saja. Ketika berada di luar sekolah, mereka tidak memakai jilbab, selain itu kurang disiplin dalam mentaati aturan sekolah dan tidak sopan santun terhadap guru, menganggap guru sebagai teman sebaya sehingga cara bicaranya sama seperti berbicara ke teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanakan kajian keputrian, mengetahui pelaksanakan dan pengembangan sikap siswi di SMK muhammadiyah Prambanan, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitaitif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) kajian keputrian dilaksanakan setiap hari jumat pukul 11.30-12.50. di mulai dengan tadarus bersama, kultum, penyampaian materi dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. (2) Fungsi kajian keputrian terhadap pengembangan sikap siswi antara lain menjadi wanita muslimah, sebagai dakwah (penerus bangsa), pembinaan akhlak siswi, menambah wawasan agama, dan menjadikan wanita sebagai pemimpin. Akan tetapi belum semua siswi setelah mengikuti kajian keputrian mengalami perubahan sikap. Artinya mereka belum sepenuhnya memahami materi yang disampaikan di dalam kajian keputrian. di harapkan kedepannya dengan adanya kajian keputrian, para siswi memberikan warna tersendiri di dalam lingkungan sekolah khususnya dan di lingkungan masyarakat pada umumnya terutama dalam hal sikap dan perilakunya. (3) Faktor pendukung dalam kegiatan kajian keputrian antara lain dukungan dari kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru-guru secara moril serta materi pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran siswa, kurangnya minat belajar, koordinator bergerak sendiri, fasilitas yang kurang memadai, waktu sempit, dan susasana yang tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Sikap, Keputrian, Pengembangan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Dec 2018 10:11
Last Modified: 06 Dec 2018 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum