PENERAPAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN

MUFLIHAH QURROTA A’YUN, NIM. 14410072 (2018) PENERAPAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN)
14410072_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN)
14410072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

MUFLIHAH QURROTA A’YUN. Penerapan Program Full Day School dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah Plus Klaten. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa peran orang tua dalam penanaman pendidikan agama anak sejak dini sangat penting. Namun, realitanya masih terdapat beberapa orang tua yang tidak cukup memberikan pendidikan agama pada anak yang disebabkan karena kurangnya pengetahuan agama, kesibukan, kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, dan menyerahkan seluruh tanggungjawab pendidikan anaknya kepada pihak sekolah. Hal ini membuat anak merasa tidak di perhatikan oleh orang tua dan berujung pada perilaku-perilaku negatif. SMP Muhammadiyah Plus Klaten merupakan sekolah yang menerapkan program full day school (sekolah sepanjang hari). Adapun yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah apa saja program full day school, bagaimana penerapan program full day school dan apa hasil dari penerapan program full day school dalam meningkatkan perilaku keagamaan siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Plus Klaten. Penelitian ini bertujuan mendeskipsikan dan menganalisis secara kritis tentang apa saja program full day school, penerapan program full day school dalam meningkatkan perilaku keagamaan siswa, dan hasil dari penerapan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah Plus Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi dengan tiga teknik, yaitu dengan trianggulasi sumber data, trianggulasi matode, dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Program full day school di SMP Muhammadiyah Plus Klaten yaitu pertama bidang agama, kedua bidang akademik, ketiga bidang non akademik dan keempat kerjasama dengan pondok pesantren. (2) Penerapan program full day school sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai sekolah seperti, apel pagi, tahfidz Qur‟an, sholat Dhuha mandiri, sholat Dhuhur berjamaah, kemudian kegiatan mentoring, dan sholat Asar berjamaah. (3) Hasil dari penerapan program full day school dengan perilaku keagamaan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Plus Klaten menunjukkan peningkatan, yang diterapkan melalui keteladanan dan pembiasaan melalui lima dimensi keberagaman diantaranya: a) Dimensi keyakinan atau aqidah yaitu membaca Al-Qur‟an, b) Dimensi praktik agama atau peribadatan yaitu melaksanakan sholat, c) Dimensi pengalaman atau penghayatan yaitu kegiatan full day di sekolah, d) Dimensi pengetahuan agama atau ilmu yaitu kegiatan belajar mengajar, e) Dimensi pengamalan atau akhlak yaitu perilaku terhadap orang tua, perilaku terhadap sesama, dan perilaku terhadap alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA.
Uncontrolled Keywords: full day school, perilaku, keagamaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Dec 2018 10:13
Last Modified: 06 Dec 2018 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31884

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum