GAME ONLINE DALAM PERSPEKTIF PERTUKARAN SOSIAL DI WARNET ORANGE.NET MADUREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA

RAMDHAN SUBHAN TAUFIK, NIM. 11720004 (2018) GAME ONLINE DALAM PERSPEKTIF PERTUKARAN SOSIAL DI WARNET ORANGE.NET MADUREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKA.

[img]
Preview
Text (GAME ONLINE DALAM PERSPEKTIF PERTUKARAN SOSIAL DI WARNET ORANGE.NET MADUREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA)
11720004_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (GAME ONLINE DALAM PERSPEKTIF PERTUKARAN SOSIAL DI WARNET ORANGE.NET MADUREJO PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA)
11720004_BAB-II_sampai_SEBELUM BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pertukaran sosial merupakan merupakan suatu tindakan yang terjadi pada setiap orang dalam melakukan ‘barter’ untuk kepentingannya baik berupa material maupun non material. Pertukaran sosial dapat ditemukan di mana saja bahkan dalam dunia game online. Kajian dalam penelitian ini adalah para pemain game online yang berada di warnet Orange.Net. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui perspektif pertukaran sosial pemain game online di warnet Orange.Net Madurejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan perspektif pertukaran sosial George Homans berupa proposisi-proposisi serta tiga asumsi khusus pertukaran sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Jumlah informan yang ada pada penelitian ini berjumlah tujuh (7) informan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Lokasi penelitian berada di alamat jalan Prambanan, Piyungan Km.5 Madurejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Sumber data berasal dari pemain yang telah bermain game online di atas 5 jam/hari. Teknik pengumpulan data berupa interview guide dan wawancara tidak struktur. Dokumentasi berupa foto dan observasi yang dilakukan merupakan observasi partisipatif (participant observation) dimana peneliti melakukan hal (bermain game online) dengan para informan. Adapun analisis data penelitian ini adalah mereduksi data penelitian tentang pertukaran sosial game online lalu digolongkan sesuai dengan tema penelitian dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga (3) fenomena yang terjadi di warnet Orange.Net. Pertama, pertukaran pemain dengan game yaitu hal-hal berhubungan dengan pengalaman game yang dimainkan, intensitas waktu yang digunakan untuk bermain serta fenomena konsep ekonomi (jual-beli) dari game online. Kedua, pertukaran sosial antar sesama pemain yang ditandai dengan adanya berbagi informasi game dari setiap informan, meminjam uang dari teman atau meminjam ID akun game serta melakukan party (main bersama). Ketiga, pemain dengan pihak yang ada di warnet Orange.Net (operator dan pemilik) berupa kenyamanan tempat bermain (PC biasa dan PC VIP), kenyaman mengakses WiFi dan interaksi jual-beli di warung ‘Gerobak Orange’ oleh para pemain warnet Orange.Net serta bertukar informasi tentang saran peluang usaha terhadap pemilik warnet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ahmad Zainal Arifin, S.Sos, M.A, Ph. d.,
Uncontrolled Keywords: game online, pertukaran sosial, warnet Orange.Net.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Dec 2018 09:16
Last Modified: 07 Dec 2018 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31899

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum