IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KULTUR SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

ITSNA SAFIRA KHAIRUNNISAA, NIM. 14410095 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KULTUR SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KULTUR SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
14410095_BAB 1_IV_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KULTUR SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
14410095_BAB II SAMPAI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Itsna Safira Khairunnisaa.Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui Kultur Sekolah di SMP Muhammadiyah 1 Depok Sleman.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan karakter merupakan usaha untuk membentuk pribadi anak supaya menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi warga masyarakat maupun negara yang baik, sedangkan jika diteliti lebih lanjut pendidikan karakter merupakan pembelajaran lama yang diterapkan di sekolah-sekolah dengan nama pendidikan budi pekerti. Dari tahun ke tahun pendidikan karakter mengalami pembaharuan disebabkan semakin banyaknya permasalahan yang dialami, khususnya masalah pendidikan karakter yang terjadi pada remaja. Pada tahun 2017 pemerintah membuat program yang dinamakan penguatan pendidikan karakter (PPK) yang diterapkan di semua jenjang sekolah. SMP Muhammadiyah 1 Depok dalam hal ini mengajukan diri menjadi sekolah percontohan PPK di wilayah kecamatan Depok Sleman yang bertuuan agar pendidikan karakter yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Depok dapat terkonsep dengan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar yang digunakan dan bentuk implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) sekaligus hambatan sekolah dan guru dalam mengimplementasikan program PPK. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar penelitian di SMP Muhammadiyah 1 Depok.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dasar implementasi penguatan pendidikan karakter (PPK) di SMP Muhammadiyah 1 Depok yaitu visi misi sekolah, tujuan pendidikan sekolah, serta peraturan dan pedoman program PPK dari pemerintah, Implementasi program penguatan pendidikan karakter dilakukan dengan cara di dalam kelas melalui kegiatan intrakurikuler, di luar kelas melalui kegiatan ekstrakurikuler, di luar sekolah (kerjasama orang tua dan masyarakat),(2)Hambatan dalam mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter (PPK) diantaranya kurangnya tanggung jawab guru dalam mengisi kegiatan PPK, ketidak tahuan siswa mengenai program PPK di sekolah, guru masih sulit dalam mengevaluasi pelaksanaan program PPK,kurangnya perhatian orang tua dalam kondisi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Penguatan Pendidikan Karakter, Kultur Sekolah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Dec 2018 10:12
Last Modified: 07 Dec 2018 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/31904

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum